Senin, 12 Juli 2021 16:35

Bupati Bantaeng Masuk Jajaran Tokoh Nasional Peduli Koperasi dan UKM

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Bantaeng Ilham Azikin (kanan) saat bertemu dengan warga beberapa waktu lalu.
Bupati Bantaeng Ilham Azikin (kanan) saat bertemu dengan warga beberapa waktu lalu.

Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM ini adalah yang pertama kalinya diterima Kabupaten Bantaeng.

BANTAENG -- Bupati Bantaeng, Ilham Azikin meraih penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam peringatan Hari Koperasi yang digelar secara virtual, pada Senin, 12 Juni 2021. Ilham Azikin menjadi salah satu penerima penghargaan kategori pejabat negara.

Ilham Azikin menerima penghargaan itu berkat besarnya kepedulian terhadap koperasi dan UKM yang ada di Bantaeng. Program unggulan Pemkab Bantaeng berupa bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW menjadi salah satu indikator penilaian penghargaan itu.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin berterimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu terlaksananya program unggulan ini. Dia berharap program ini bisa menyentuh semua UKM yang ada di setiap dusun di Bantaeng.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

”Ini adalah kehormatan yang akan senantiasa kita jaga bersama," jelas dia.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bantaeng, Muhammad Tafsir menambahkan, Kemenkop UKM mengakui kalau program Pemkab Bantaeng berupa bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW menjadi salah satu yang mendongkrak pertumbuhan UKM di Bantaeng.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

"Ini adalah sebuah perhatian dan prestasi baik, di masa pandemi Covid-19 ini UKM kota tetap kokoh berkat program unggulan ini," jelas 

Dia mengatakan, eksistensi koperasi dan UKM di Bantaeng terus bertumbuh pesat berkat program ini. Bahkan, di masa pandemi ini, UKM berbasis dusun dan RW ikut mendorong terciptanya lapangan kerja baru.

"Karena memang kepentingan pemerintah adalah bagaimana mendorong penciptaan lapangan kerja baru di dusun," jelas dia.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Asuransi Rp 209 Juta ke Peternak

Sekedar diketahui, saat ini sudah ada ratusan UKM di dusun yang mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah. Nilai bantuan itu beragam. Ada yang mencapai Rp60 juta untul setiap UKM.

Usaha-usaha berbasis dusun ini juga mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha itu. Mereka juga diarahkan untuk membuka lowongan kerja di sekitar wilayah mereka.

Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM ini adalah yang pertama kalinya diterima Kabupaten Bantaeng. Di Sulsel, hanya ada dua kepala daerah yang menerima penghargaan ini. Selain Bantaeng, penghargaan serupa juga diterima Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa. Penghargaan itu diterima melalui pertemuan virtual aplikasi zoom.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM), Teten Masduki, menggaungkan moto "Untung Bareng Koperasi" dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-74.

Menurut dia, peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 ini, dilakukan dengan rangkaian kegiatan secara virtual sebagai bentuk adaptasi terhadap kondisi terkini pandemi Covid-19 di Indonesia.

Semoga tidak mengurangi esensi dan semangat dari kegiatan peringatan Hari Koperasi ke-74," ungkap Teten, saat memberi sambutan dalam dalam Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 Tahun 2021 di Jakarta, Senin(12/7/2021).

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi 15,45 Persen, Pj Gubernur Sulsel Ingin Lihat Inovasi Bupati Bantaeng

Teten mengatakan, moto dari peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74, yakni "Untung Bareng Koperasi", didasari semangat untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia bahwa koperasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Selain peningkatan ekonomi anggota, koperasi diharapkan juga menjadi lembaga sosial dan lembaga pendidikan bagi anggota dan masyarakat," imbuh Teten.

#pemkab bantaeng #Bupati Bantaeng #ilham azikin