Sabtu, 10 Juli 2021 09:53

Dandim Kolaka Turun Langsung Sosialisasi Bijak Bermedia Sosial kepada Warga Aere

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dandim Kolaka Turun Langsung Sosialisasi Bijak Bermedia Sosial kepada Warga Aere

Sosialisasi ini langsung dibawakan Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa WP Setyawan dengan tema cerdas dan bijak menggunakan media sosial di era digital literasi dan informasi.

RAKYATKU.COM -- Setelah mendapatkan sosialisasi mengenai dampak buruk dari bahaya narkotika, warga Desa Aere, Kolaka Timur dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana menggunakan media sosial yang baik dan benar, Kamis (8/7/2021).

Tanpa dipungkiri dengan teknologi digital yang semakin berkembang, siapapun dan dimanapun selagi akses jaringan itu ada, semua orang dapat mengakses berbagai macam informasi.

Salah satu contoh kalau kita hobi masak, sekarang dengan mudah dapat melihat berbagai macam situs online masak memasak.

Baca Juga : Bupati Kolaka Timur Resmikan Tiga Proyek Karya TMMD Ke-111 yang Jadi Kebanggaan Warga

Melihat tren ini, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 mengambil poin bijak bermedia sosial sebagai bagian terpenting untuk memberikan edukasi ke masyarakat.

Sosialisasi ini langsung dibawakan Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa WP Setyawan dengan tema cerdas dan bijak menggunakan media sosial di era digital literasi dan informasi.

Risa menyampaikan kepada masyarakat dampak positif dan negatif internet, batasan di media sosial, upaya mengatasi bahaya jejaring sosial, dampak jejaring sosial, dampak negatif jejaring sosial, dan sejumlah materi lainnya agar masyarakat tambah bijak nantinya menggunakan sosial media.

Baca Juga : Gereja Weare Jadi Fasilitas Fisik Terakhir yang Dirampungkan TMMD Koltim

Sebab, milenial khususnya saat ini banyak terpapar dampak buruk medsos. Komentar-komentar tidak senonoh hingga unggahan-unggahan negatif banyak ditemukan di dunia maya.

Tidak hanya itu, warga mulai kecanduan bermedia sosial yang berefek tidak baik bagi kelangsungan hidup di tengah masyarakat.

Dandim mengatakan, sejumlah dampak buruk jejaring sosial, di antaranya kecanduan, lupa waktu, berpotensi terperangkap dalam kejahatan internet, tergantikan kehidupan sosialnya, tersebarnya data penting yang tidak semestinya, pornografi, kurang bersosialisasi langsung dengan lingkungan, berdampak buruk bagi kesehatan, berkurangnya perhatian untuk keluarga, dan berpotensi membuat prestasi belajar anak menurun karena kurang mengatur waktu.

Baca Juga : Indahnya Masjid Al-Muhajirin Karya TMMD di Desa Aere Koltim, Siap Digunakan Lebaran

Walaupun begitu banyak dampak negatifnya, namun ada pula dampak positif dari penggunaan internet jika digunakan dengan baik. Di antaranya memudahkan komunikasi tanpa batas ruang dan waktu mendapat teman baik, dapat menjadi wadah berdiskusi, sarana promosi, dan memperluas jangkauan informasi.

Sama seperti di dunia nyata, di dunia maya pun kemerdekaan berbicara punya batasannya agar lebih menghargai hak-hak dan reputasi orang lain, melindungi keamanan dan ketertiban serta moral publik.

"Medsos bukan sarana untuk menyebarkan kebencian yang mengarah pada rasisme dan tidak mengganggu keamanan nasional,” jelasnya.

Baca Juga : Dihadiri Camat, Warga Pekorea Koltim Gelar Syukuran Atas Selesainya Bendungan Mini

"Sosialisasi bijak bermedia sosial adalah salah satu dari sepuluh item program nonfisik TMMD Kodim 1412 Kolaka," tutup Risa.

Penulis : Lisa Emilda
#TMMD kolaka timur