Sabtu, 10 Juli 2021 07:31

Luapkan Kegembiraan, Dandim Kolaka Loncat ke Bendungan Mini yang Dibangun Satgas TMMD Koltim

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Luapkan Kegembiraan, Dandim Kolaka Loncat ke Bendungan Mini yang Dibangun Satgas TMMD Koltim

Awalnya Satgas TMMD hanya ingin membangun embung. Melihat kebutuhan warga, akhirnya diubah jadi bendungan mini.

RAKYATKU.COM -- Hari ini menjadi saksi kegembiraan warga Desa Aere, Kolaka Timur karena bendungan mini yang dibangun satgas TMMD telah selesai. Bendungan itu segera diuji coba.

Derasnya hujan tidak menghalangi warga untuk melihat uji coba pembukaan pintu air. Alhasil setelah pintu air dibuka, air yang mengalir cukup deras, sehingga apa yang diharapkan tim satgas dan warga agar bendungan ini dapat mengairi sawah dapat terwujud.

Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa WP Setyawan yang saat itu berada di lokasi untuk menyaksikan langsung juga ikut gembira karena sesuai dengan apa yang diharapkan.

Baca Juga : Bupati Kolaka Timur Resmikan Tiga Proyek Karya TMMD Ke-111 yang Jadi Kebanggaan Warga

Luapan kegembiraan dan sukacita yang terpancar di wajah mereka pun tidak dapat disembunyikan. Dandim bersama personel pun langsung melompat turun ke bendungan. Warga dan anak-anak juga tidak mau ketinggalan. Mereka ikut melombat ke bendungan sambil berteriak dan bersorak-sorak.

"Hidup TNI, hidup TMMD, hidup TNI dan TMMD, jayalah jayalah selalu," seruan ini yang terus mereka ucapkan hingga derasnya hujan tidak lagi jadi penghalang kebahagiaan mereka.

Risa mengungkapkan dengan rasa bahagia, pembangunan bendungan mini merupakan program pertama kalinya selama TMMD di Kolaka.

Baca Juga : Gereja Weare Jadi Fasilitas Fisik Terakhir yang Dirampungkan TMMD Koltim

"Walaupun target awalnya membangun embung, namun melihat kebutuhan dan potensi desa, maka kami tingkatkan menjadi bendungan mini," ungkap Risa

Bendungan mini yang berukuran 6x23 meter mampu mengairi tiga desa, yaitu Pekorea, Rubia, dan Aere. Target sawah yang akan diairi pun bertambah dari hanya 70 hektare menjadi lebih dari 200 hektare.

Baca Juga : Indahnya Masjid Al-Muhajirin Karya TMMD di Desa Aere Koltim, Siap Digunakan Lebaran

Tidak hanya itu, hadirnya bendungan mini juga membuat banyak warga membuka sawah baru. Seperti di Pekorea akan membuka 300 hektare sawah baru.

Melihat potensi ini akhirnya satgas TMMD pun mendirikan bendungan mini.

"Semoga dengan hadirnya bendungan mini bisa menjadi semangat baru bagi para warga untuk mengolah sawah dengan maksimal," tutup Risa.

Baca Juga : Dihadiri Camat, Warga Pekorea Koltim Gelar Syukuran Atas Selesainya Bendungan Mini

 

Penulis : Lisa Emilda
#TMMD kolaka timur