Kamis, 08 Juli 2021 20:36

TMMD di Kolaka Timur, Satgas dan Warga Makin Hari Makin Akrab

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Keakraban Satgas TMMD bersama warha di Desa Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.
Keakraban Satgas TMMD bersama warha di Desa Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Memasuki hari ke-18 TMMD di wilayah setempat, telah membangun keakraban yang mendalam antara satgas dan warga setempat.

RAKYATKU.COM, KOLAKA TIMUR - Aktivitas Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Desa Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, tidak melulu soal pelaksanaan program fisik dan nonfisik. Ada hal yang tidak kalah penting di balik itu.

Memasuki hari ke-18 TMMD di wilayah setempat, telah membangun keakraban yang mendalam antara satgas dan warga setempat.

Satgas dan warga tiap hari bersama sama melewati teriknya matahari dan terkadang hujan deras. Momen itu salah satunya terlihat saat pengerjaan Mesjid Al Muhajirin.

Baca Juga : Bupati Kolaka Timur Resmikan Tiga Proyek Karya TMMD Ke-111 yang Jadi Kebanggaan Warga

Dedi (33), salah satu warga yang berprofesi sebagai petani, mengungkapkan rasa syukurnya karena desanya terpilih menjadi sasaran TMMD kali ini.

Menurutnya, program TMMD membuat warga setempat lebih akrab karena selalu bersama sama ke lokasi pembangunan membantu tim satgas.

"Selain kebersamaan dan keakraban, kami juga mendapat banyak ilmu, banyak pelatihan yang kami terima. Jadi program TMMD ini tidak hanya membangun fasilitas yang kelihatan (fisik) di desa kami, tetapi banyak pelatihan dan penyuluhan juga kami terima seperti bahaya teroris, dampak buruk narkoba, dan masih banyak lagi," beber Dedi, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga : Gereja Weare Jadi Fasilitas Fisik Terakhir yang Dirampungkan TMMD Koltim

Selain itu, Satgas TMMD juga biasa berbagi cerita tentang pengalaman, baik sebagai abdi negara dalam membantu pemerintah mempertahankan keamanan bangsa, maupun pengalaman lucu yang sering ditemui ketika berada di daerah terpencil atau lokasi yang jauh dari pusat kota.

"Dari cerita mereka saya belajar banyak hal, kerja keras, hidup bersama dengan masyarakat sekeling, saling membantu dan bergotong royong menjadikan hidup lebih berarti. Kata Bapak Satgas banyak hal yang bisa kita kerjakan jika dilakukan bersama-sama dengan keikhlasan dan suka cita," bebernya.

Dia berharap, Satgas TMMD datang kembali untuk melanjutkan program yang dilaksanakan sehingga desa kami memiliki fasilitas yang layak digunakan untuk warga.

Baca Juga : Indahnya Masjid Al-Muhajirin Karya TMMD di Desa Aere Koltim, Siap Digunakan Lebaran

"Terima kasih, Pak Tentara. Semoga sisa waktu ini keakraban dan kerja sama bersama warga Desa Aere dapat terjalin dengan baik. Semoga pembangunan Masjid Al-Muhajirin dapat terselesaikan tepat pada waktunya, semoga masjidnya bisa digunakan pada saat Lebaran nanti," ungkapnya.

Penulis : Lisa Emilda
#TMMD kolaka timur #kodim 1412 kolaka timur