Kamis, 08 Juli 2021 20:32

Bupati Gowa Resmikan Pasar Mitra Tani, Diharap Mampu Dorong Ekonomi Masyarakat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, meresmikan Pasar Mitra Tani di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Gowa, Kamis 8/7/2021.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, meresmikan Pasar Mitra Tani di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Gowa, Kamis 8/7/2021.

"Tentu kami mengapresiasi inovasi-inovasi dari jajaran SKPD karena inovasi akan berujung pada peningkatan kinerja, terlebih inovasi ini akan banyak usaha masyarakat yang dikembangkan melalui Pasar Mitra Tani," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, meresmikan Pasar Mitra Tani di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Gowa, Kamis 8/7/2021. Dia berharap kehadiran pasa ini mampu mengembangkan usaha pertanian di Gowa.

Dalam kesempatan itu, Adnan juga dengan bangga memberikan apresiasi positif tiap inovasi yang dilakukan jajaran perangkat dinas Pemkab Gowa, khususnya dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Tentu kami mengapresiasi inovasi-inovasi dari jajaran SKPD karena inovasi akan berujung pada peningkatan kinerja, terlebih inovasi ini akan banyak usaha masyarakat yang dikembangkan melalui Pasar Mitra Tani," kata Adnan.

Baca Juga : PMI Turunkan Bantuan Hingga Relawan Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir dan Longsor di Sulsel

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Gowa, Syamhari, mengatakan Pasar Mitra Tani merupakan program strategis Kementerian Pertanian Bidang Ketahanan Pangan.

Program ini bertujuan membantu masyarakat meringankan beban rumah tangga dengan menggaet kelompok tani di Gowa dan harga produk di bawah harga pasar.

"Pasar ini ada untuk membantu masyarakat kita, baik kelompok tani maupun masyarakat umum karena seluruh stok yang tersedia di Pasar Mitra Tani ini adalah produk dari sejumlah Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan kita jual dengan harga di bawah pasar," katanya.

Baca Juga : Bupati Gowa Buka Rakor Pendidikan, Program Mahasantri Berlanjut ke Gelombang Kedua

Beberapa stok barang yang tersedia ada empat item, yakni beras, minyak, telur, dan gula yang merupakan produksi lokal Gowa. Selain itu, terdapat beberapa tanaman pekarangan berupa sayur-mayur yang ditinjau oleh Bupati Adnan.

Sayur-mayur tersebut, kata Syamhari, sebagai contoh yang nantinya akan diperlihatkan kepada para kelompok tani atau masyarakat.

"Itu namanya tanaman pekarangan sebagai contoh yang akan kita perlihatkan kepada Kelompok tani nantinya, bagaimana kita memanfaatkan pekarangan untuk pemenuhan pangan keluarga seperti, sayur, buah, dan masih banyak lagi," tambahnya.

Baca Juga : Pembukaan MTQ Sulsel, Adnan-Kio Beri Semangat ke Kontingen Gowa

Dengan program Pasar Mitra Tani pihaknya pun berharap dapat meningkatkan program lainnya di Dinas Ketahanan Pangan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Gowa.

"Mengingat di masa pandemi ini banyak masyarakat yang terdampak dan lebih banyak di rumah sehingga pasar tani ini bisa meringankan beban dan tanaman-tanaman pangan strategis bisa meningkatkan kualitas pangan di rumah," sebutnya.

Penulis : Syukur
#Pemkab Gowa