Rabu, 07 Juli 2021 22:11

Gembiranya Taufan Pawe ITH Segera Beroperasi, Rektornya Akan Dipilih dari Unhas

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe
Taufan Pawe

Taufan Pawe menceritakan perjuangannya merintis ITH Parepare hingga berbuah manis dengan perekrutan CPNS dosen dan staf oleh Kemendikbud.

RAKYATKU.COM,PAREPARE — Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengaku bersyukur setelah mendapatkan angin segar akan terwujudnya pembangunan Institut Teknologi Habibie (ITH) atau Institut Teknologi Baharuddin Jusuf Habibie.

Hal itu dibuktikan dengan adanya sinyal dari Kemendikbud Ristek terkait perekrutan CPNS tenaga dosen dan tata usaha (TU) terhadap institut teknologi berstatus negeri pertama di Indonesia timur tersebut.

“Saya ini adalah orang yang paling euforia dan bersyukur. Saya rintis dari tahun 2014 dan terjawab tahun 2021. Meyakinkan masyarakat luas bukanlah pekerjaan yang mudah. Saya harus mengapresiasi negara sudah memberikan pengakuan dan akan kami komunikasikan dengan Kementerian kapan akan menerima mahasiswa baru,” terang Taufan di hadapan sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga : Utamakan Usung Kader, Taufan Pawe Target Kemenangan di Atas 60 % Pilkada Sulsel

Taufan bercerita bagaimana mimpi yang selama ini dicita-citakannya menuju nyata.

“Tidak sedikit yang meragukan ITH bisa terwujud. Tetapi mana mungkin saya menganggarkan renovasi gedung pemuda untuk ruang rektorat kalau kami tidak yakin. Kami juga mengucurkan dana untuk revitalisasi eks gedung DPRD untuk ruang kuliah. Kami juga perjuangkan penganggaran satu prodi Rp600 juta di batang tubuh APBD untuk enam prodi,” paparnya.

Wali kota Parepare dua periode itu mengatakan, hadirnya ITH hanya persoalan proses saja. Sebab, kata dia, ITH diproyeksikan sebagai kampus negeri.

Baca Juga : Ketua Tim Pemenangan Taufan Pawe Tegaskan Tidak Ada Timses Lakukan Money Politik

“ITH ini kampus negeri nantinya. Bukan swasta yang langsung bisa terima mahasiswa. Butuh proses panjang. Tetapi kami optimis ITH terwujud. Kalau ITH terwujud berarti industri tanpa cerobong asap bidang pendidikan berhasil,” ujarnya.

Taufan pun berharap siapapun yang akan menjadi suksesornya kelak bisa melanjutkan semangatnya dalam membesarkan ITH dan Kota Parepare sebagai Kota BJ Habibie.

“Mudah-mudahan penganti saya nanti bisa punya semangat dalam bidang pendidikan. Jangan sampai hanya sebatas konsep. Persoalan pembangunan gedung saya sudah tidak di situ. Mungkin sudah bukan periode saya lagi. Namun, masyarakat Parepare dan Sulsel tahu hasil karya Wali Kota Parepare, Taufan Pawe,” sebutnya.

Baca Juga : 232 Mahasiswa Institut Teknologi BJ Habibie Ikuti Pengenalan Kampus

Taufan juga menjelaskan, Pemkot Parepare sudah menjalin kerja sama dengan Universitas Hasanuddin. Kerja sama itu menunjang kelembagaan dan sumber daya manusianya. Termasuk memilih rektor.

“Untuk memilih rektor kita sudah kerja sama dengan Unhas. Nanti kita komunikasikan lebih lanjut. Mungkin ada dua atau tiga nama yang diusulkan lalu kita sepakati bersama,” jelasnya.

Sekadar diketahui, dalam laman resmi milik Kemendikbud terurai jelas rincian penetapan kebutuhan CPNS di Institut Teknologi Habibie (ITH) berjumlah sembilan formasi dengan total 23 kuota CPNS.

Baca Juga : Aksa Mahmud dan Taufan Pawe Saling Puji di Pantai Indah Bosowa

 

Penulis : Hasrul Nawir
#ITH Parepare #HM Taufan Pawe