Kamis, 01 Juli 2021 23:02

Tips Aman Sebelum dan Sesudah Vaksin

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, baik sebelum maupun sesudah divaksin.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, baik sebelum maupun sesudah divaksin.

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral, selama satu pekan sebelum dan setelah mendapatkan vaksin.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Indonesia menggelar vaksinasi massal untuk memperkuat imun tubuh melawan COVID-19. Namun, sebelum divaksin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Direktur RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, Renny Anggraeny Sari, mengatakan istirahat yang cukup sebelum melakukan vaksinasi agar tubuh tetap fit.

"Beberapa hari sebelum disuntik vaksin COVID-19, usahakan untuk tidak begadang dan cukupi waktu istirahat dengan tidur selama 7--9 jam setiap malamnya," kata Renny, Rabu (1/7/2021).

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, Renny menyarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral, selama satu pekan sebelum dan setelah mendapatkan vaksin.

Baca Juga : Dipuji Jokowi, Nakes di Wajo Terobos Banjir Lanjutkan Vaksinasi Secara Door to Door

"Selain melalui konsumsi makanan bergizi, menjaga kekuatan sistem imun juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Dengan demikian, tubuh dapat menciptakan reaksi kekebalan yang baik terhadap penyakit COVID-19," bebernya.

Renny juga merekomendasikan untuk tidak berolahraga secara berlebihan. "Agar lebih sehat dan aman, lakukan olahraga setidaknya 20--30 menit setiap hari atau minimal 3--5 kali per minggu," tuturnya.

 

Renny menambahkan, untuk pasien yang menjalani pengobatan dokter diberi pengawasan khusus.

Baca Juga : Pengunjung yang Belum Vaksin Tak Bisa Masuk MaRI, kecuali Mau Ikut Vaksinasi

"Agar lebih aman, orang yang memiliki penyakit kronis sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin COVID-19," sebutnya.

Sponsored by MGID

Renny juga meminta calon penerima vaksin untuk menginformasikan riwayat penyakit untuk mengetahui layak atau tidak untuk divaksin.

"Mari Kita sukseskan program vaksinasi COVID-19 ini yang merupakan salah satu upaya untuk membantu pembentukan kekebalan tubuh," ujarnya.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Hasrul Nawir
#Vaksin Covid-19 #vaksinasi covid-19 #RSUD Andi Makkasau Parepare