Rabu, 30 Juni 2021 09:02

Skenario Menakutkan COVID-19 Indonesia: 1 Juta Kasus Harian, 5.000 Kematian

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Iustrasi.
Iustrasi.

"Puncak kasus diprediksi ini terjadi pada Agustus dengan penambahan sejuta kasus sehari dan kematian lebih dari 5.000 orang per hari," kata pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia saat ini bisa lebih buruk lagi. Pakar memprediksi skenario menakutkan yang mungkin terjadi apabila tidak ada langkah pencegahan adalah 1 juta kasus harian pada Agustus nanti.

Selain itu, kebutuhan tempat tidur perawatan dan ruang ICU juga diprediksi meningkat mulai Juli hingga Agustus 2021. Kenaikan juga bisa terjadi pada kasus kematian.

"Puncak kasus diprediksi ini terjadi pada Agustus dengan penambahan sejuta kasus sehari dan kematian lebih dari 5.000 orang per hari," kata pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga : Perjuangan para Pahlawan Pandemi, Tingkat Kesembuhan COVID-19 Indonesia Kini di Atas 90 Persen

Dicky menyebutkan, pembatasan ketat menjadi salah satu pilihan yang tidak terhindarkan apabila ingin menghindari skenario terburuk ini.

"Yang jelas saya sudah memberikan masukan ke pemerintah bahwa memang tidak ada opsi lain kita harus bikin pembatasan yang ketat, mau lockdown, mau PSBB, mau PPKM darurat," katanya.

 

Sumber: Detik.com

Sponsored by advertnative
 
#Covid-19 Indonesia