Senin, 28 Juni 2021 23:36

Ketika Superhero Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan di Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketika Superhero Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan di Makassar

Program bagi-bagi masker dan kampanye protokol kesehatan merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-75.

Mengajak warga menerapkan protokol kesehatan tak bisa selalu dengan paksaan. Kreativitas Polda Sulawesi Selatan patut dicontoh.

Siapa tak kenal Spiderman, Thor, atau Captain America? Ketiga superhero ini akrab dengan warga sejak kanak-kanak. Kampanye lewat kaus sangat berpengaruh.

Baju-baju anak saat ini umumnya bermotif superhero. Laris manis. Salah pemicu bagi anak untuk selalu tampil bersemangat.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Ingatkan Varian Baru Covid-19

Polda Sulsel memanfaatkan ketenaran superhero untuk kampanye protokol kesehatan. Sejumlah pria berkostum superhero turun ke jalan-jalan utama di Kota Makassar.

Bersama polisi, superhero mengampanyekan penggunaan masker kepada pengguna jalan. Juga mengimbau tetap menjaga jarak dan rajin mencuci tangan setiap saat.

Di bawah flyover, perempatan Jalan Urip Sumoharjo-Jalan AP Pettarani Makassar, Spiderman, Thor, dan Captain America membagi-bagikan masker ke pengendara yang melintas. Pemandangan serupa terlihat di perempatan Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Ahmad Yani-Jalan Bulusaraung, Makassar.

Baca Juga : Waspada! COVID-19 Varian XBB Terdeteksi di Indonesia

Orang yang berpakaian superhero juga menghampiri langsung pengendara. Mengajarkan cara menggunakan masker dengan benar. Bukan sekadar formalitas.

"Kegiatan ini sengaja kami lakukan sebagai bentuk kampanye agar masyarakat taat memakai masker dan menjaga protokol kesehatan lainnya," kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel, AKBP M Yusuf Usman.

Yusuf mengatakan, program bagi-bagi masker dan kampanye protokol kesehatan merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-75.

Baca Juga : Berlaku 17 Juli 2022, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

"Ini bentuk kepedulian Polri dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Andil masyarakat dalam menekan penyebaran Covid-19 sangat dibutuhkan. Mari kita jaga diri dan keluarga dengan selalu memakai masker jika bepergian," ajak Yusuf.

Maksimalkan PPKM

Jajaran Polda Sulsel juga hadir memaksimalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19 Jelang Pembelajaran Tatap Muka Pemkot Makassar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan menyebut, aparat kepolisian sebagai bagian empat pilar yang ikut dilibatkan dalam mengawal PPKM berbasis mikro karena diyakini bisa efektif menekan kasus positif Covid-19.

"Peran polisi dalam mengawal PPKM sangat penting. Apalagi melihat data kasus Covid-19 yang masih tinggi," kata Zulpan, Selasa (22/6/2021).

Dikatakan Zulpan bahwa ini adalah perintah dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar jajarannya terus bersinergi dengan TNI dan tenaga kesehatan dalam mengawal PPKM mikro merupakan hal yang tepat.

Baca Juga : Dinkes Wajo Bersama TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal Bagi Masyarakat

"Polisi hadir di tengah masyarakat dalam program pengendalian Covid-19 karenanya kepolisian harus mempunyai hubungan yang baik dengan instansi lain dan masyarakat," tutur Zulpan.

Vaksinasi Massal Covid-19 Gratis

Pada bagian lain, Polda Sulsel dan seluruh polres jajarannya menggelar vaksinasi massal Covid-19 dalam rangka mendukung program sejuta vaksin.

Baca Juga : Dinkes Wajo Bersama TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal Bagi Masyarakat

Pelaksanaan vaksinasi nasional Polri sehari sejuta orang ini, serentak dilaksanakan di 34 wilayah Polda. Untuk vaksinasi massal Biddokes Polda Sulsel dipusatkan di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Sabtu (26/6/2021).

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam, bersama pelaksana tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman, dan Kasdam XIV Hasanuddin, didampingi Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Halim Pagarra, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes E. Zulpan, dan beberapa PJU Polda Sulsel, meninjau langsung vaksinasi massal ini.

Vaksinasi ini juga dipantau Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melalui aplikasi Zoom Meeting dari lokasi pelaksanaan vaksin di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Dinkes Wajo Bersama TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal Bagi Masyarakat

Zulpan mengatakan, selain Polda Sulsel, vaksinasi juga terlaksana di 24 polres/polrestabes secara serentak di lokasi yang sudah ditentukan dengan bekerja sama Dinas Kesehatan setempat.

"Tetaplah menjaga kesehatan dan marilah kita konsisten serta disiplin mematuhi semua protokol kesehatan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ucap Zulpan.

Polda Sulsel mengerahkan 55 orang tenaga vaksinator baik dari Biddokkes Polda Sulsel, Dinkes Provinsi Sulsel, dan tenaga kesehatan TNI.

Baca Juga : Dinkes Wajo Bersama TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal Bagi Masyarakat

Di Asrama Haji Sudiang, Polda menyiapkan 4.000 dosis vaksin dengan target sasaran 1.300 orang. Ternyata melampaui target hingga 1.400 orang.

 

#Covid-19