Selasa, 29 Juni 2021 20:38

Lewat Makassar Recover, Danny Pomanto Target Zero Stunting pada 2024

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengikuti peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2021 secara virtual di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Selasa (29/6/2021).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengikuti peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2021 secara virtual di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Selasa (29/6/2021).

"Kami akan mengejar stunting sekecil mungkin dari berbagai arah kebijakan. Akan dilakukan secara komprehensif dari berbagai sudut," kata Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar menargetkan zero stunting di Makassar pada 2024.

Hal itu diutarakan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, usai mengikuti peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas" href="https://rakyatku.com/tag/harganas">Harganas) 2021 secara virtual di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Selasa (29/6/2021).

Harganas 2021 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'Ruf Amin, dan diikuti gubernur, wali kota, serta bupati se-Indonesia.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Mengambil tema Keluarga Keren, Cegah Stunting, diharapkan Harganas tahun ini mampu menyinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting, utamanya pada masa pandemi COVID-19.

Menurut Danny, sapaan akrab Wali Kota Makassar, walaupun angka stunting Makassar sekitar 8,37 persen dibanding nasional yakni 14 persen, pemerintah kota terus melakukan usaha usaha pencegahan stunting dengan langkah-langkah prosedur dengan baik.

"Ada yang sudah kita lampaui 100 persen, rata rata 95 persen, walaupun masih ada yang 20 persen kita akan benahi. Insyaallah program stunting di Makassar mengalami hal yang sangat menggembirakan karena berbasis melibatkan masyarakat, berbasis lorong, dan berbasis keluarga utamanya ibu dan anak," beber Danny.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Untuk mewujudkan angka stunting sekecil mungkin, Danny kembali akan mengaktifkan program lorong-lorong yang sudah menjadi bagian RPJMD.

"Kami akan mengejar stunting sekecil mungkin dari berbagai arah kebijakan. Akan dilakukan secara komprehensif dari berbagai sudut," ucap Danny.

Selanjutnya, Danny akan memerintahkan detektor bergerilya dari lorong ke lorong melalui program Makassar Recover untuk menandai masalah stunting di semua pelosok Makassar.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

"Di dalam ekonomi recover salah satu ekosistem Makassar Recover, itu di dalamnya ada namanya suplemen gizi untuk rakyat (sugisura) itu adalah semangat kita untuk memberantas masalah stunting," ucapnya.

#pemkot makassar #Harganas #Makassar Recover