Selasa, 29 Juni 2021 12:00

Diguyur Hujan Deras dan Lama, Sejumlah Tempat di Tanasitolo Wajo Tergenang Banjir

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suasana banjir di di Kelurahan Pincengpute, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Selasa (29/6/2021).
Suasana banjir di di Kelurahan Pincengpute, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Selasa (29/6/2021).

Selain merendam fasilitas umum, sejumlah rumah warga serta lahan persawahan ikut di Kecamatan Tanasitolo Wajo ikut terdampak banjir.

RAKYATKU.COM,WAJO - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Wajo sejak subuh pada Selasa (29/6/2021) menyebabkan sejumlah wilayah banjir-wajo">tergenang air. Antara lain di Kelurahan Pincengpute, Kecamatan Tanasitolo.

Curah hujan tinggi dan durasi hujan yang lama membuat Sungai Bontouse banjir-wajo">meluap. Akibatnya, sepanjang lima ratus meter jalan poros Sengkang-Parepare tergenang. Sekolah dan perkantoran ikut tergenang.

Agus Setiawan, lurah Pincengpute, yang dikonfirmasi mengatakan banjir ini adalah siklus tahunan yang kerap melanda kawasan ini.

Baca Juga : Ini Solusi Darurat Kementan Atasi Dampak Banjir di Pati

"Juga diakibatkan pendangkalan Sungai Bontouse serta buruknya sistem drainase sepanjang jalur ini," ujarnya.

Menurutnya, akibat luapan Sungai Bontouse ini, selain merendam fasilitas umum, sejumlah rumah warga serta lahan persawahan ikut terdampak banjir.

Sungai Lajokka yang melintasi empat desa juga kembali meluap. Namun, tidak separah banjir yang terjadi Sabtu (26/6/2021) lalu.

Baca Juga : Banjir di Luwu Utara Rendam 20 Kios dan Jalan ke Kantor Bupati Terputus, Dibutuhkan Pekerjaan Pelebaran Saluran Air

"Kondisi ini sangat mengkhawatirkan, mengingat hujan masih turun di daerah hulu. Ditakutkan terjadi lagi banjir kiriman seperti beberapa hari lalu," kata Anwar, warga Lajokka.

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#banjir #banjir wajo