Senin, 28 Juni 2021 23:59

Ingat! Ivermectin untuk Terapi Pasien, Bukan Obat Anti Covid-19

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Obat Ivermectin. Instagram @erickthohir
Obat Ivermectin. Instagram @erickthohir

Penggunaan Ivermectin secara resmi belum direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO).

RAKYATKU.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan, Ivermectin bukanlah obat anti-Corona. Dia mengatakan Ivermectin merupakan obat terapi bagi pasien positif Covid-19.

"Saya ingin menegaskan dulu bahwa Ivermectin adalah obat yang digunakan untuk terapi bagi kasus positif bukan obat anti Covid-19," kata Wiku, Senin (28/6/2021).

Wiku menjelaskan, penggunaan Ivermectin secara resmi belum direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO). Meski, dia mengakui, ada beberapa lembaga independen dan sejumlah negara merekomedasikannya. Contohnya The United States Centers for Disease Control and Prevention (CDC or US) di Amerika Serikat.

Baca Juga : WHO Identifikasi Varian Baru COVID-19, Lebih Kebal Vaksin

"Perlu ditekankan bahwa tidak merekomendasikan bukan berarti tidak mengizinkan karena saat ini WHO pun masih menunggu hasil penelitian yang lebih luas," jelas Wiku soal Ivermectin.

Wiku menyebut, beberapa penelitian menyatakan pemakaian Ivermectin sebagai antiparasit pada tubuh manusia sangat minim efek samping. Kata dia, efek samping yang berpeluang terjadi itu akan muncul jika dilakukan penggunaan yang berlebihan.

 

"Oleh karena itu walaupun penggunaannya diperbolehkan, konsumsinya harus berimbang di bawah pengawasan dokter agar efektivitasnya lebih besar daripada efek sampingnya," pungkas Wiku.

Baca Juga : Berkat Kerja Sama Lintas Elemen, Wajo Kini Tak Lagi Berstatus Zona Merah

sumber: liputan6.com

Sponsored by advertnative
 
#Covid-19 #ivermectin