Senin, 28 Juni 2021 21:22

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kapolda dan Wali Kota Makassar Cek Persiapan Rumah Sakit

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kapolda dan Wali Kota Makassar Cek Persiapan Rumah Sakit

Pemprov Sulsel melakukan persiapan terkait kemungkinan melonjaknya kasus Covid-19 akibat varian delta.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam bersama Plt Gubernur Sulsel, Wakil Ketua DPRD Sulsel, Kadis Kesehatan Sulsel dan Wali Kota Makassar didampingi Karo Ops, Kabiddokkes dan Kapolrestabes Makassar melakukan peninjauan rumah sakit, Senin (28/06/2021)

Kapolda Sulsel meninjau Rumah sakit Dadi, Rumah sakit Bhayangkara dan Rumah sakit Daya Makassar.

Setiba di RS Dadi, Kapolda Sulsel bersama rombongan disambut dan menerima penjelasan dari Direktur RS Dadi dr Arman Bausat, terkait pemetaan penanganan Covid-19 selama ini di RS Dadi serta kesiapan infrastruktur, fasilitas dan tenaga kesehatan RS Dadi.

Baca Juga : Virus Corona Varian Baru Muncul di Rusia, Lebih Menular Dibanding Delta

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan saat ini wilayah Sulsel masih terkendali dengan kapasitas BOR dibawah 10 %. Terkait pengetatan arus manusia akan ditingkatkan sesuai kondisi. Ia juga mengimbau tetap patuh protokol kesehatan.

Kapolda Sulsel dalam kesempatan ini juga menegaskan, Polda Sulsel terus mendukung upaya pemerintah, seperti saat ini melalui program sejuta vaksin per hari.

 

Polda Sulsel dan jajaran telah merealisasikan 50-an ribu vaksin dan akan terus digalakkan.

Baca Juga : Hanya Dua Hari, ASN Pemprov Sulsel Kumpulkan 17.661 Mushaf Al-Qur'an untuk Disumbangkan

Terkait kasus covid-19 di Sulsel, khususnya Makassar yang didominasi kasus impor dari daerah lain, Merdisyam menegaskan, pihaknya akan melakukan pengetatan di pintu masuk Sulsel, baik pelabuhan dan bandara. Serta melakukan pengecekan swab secara random.

Sponsored by MGID

Selanjutnya, di RS Bhayangkara Kapolda, Plt Gubernur Sulsel bersama rombongan memantau pelaksanaan vaksinasi dan menerima laporan penanganan dari Karumkit Bhayangkara Makassaar Kombes Pol dr Muhammad Mas’udi, serta kesiapan dan ketersediaan sarana prasarana pendukung dalam menghadapi Covid-19.

Sementara di RS Daya, dr Ardin Sani selaku Direktur rumah sakit menjelaskan sistem pelayanan pasien Covid-19, serta alternatif rencana apabila situasi berubah.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Gelontorkan Bonus Rp11 Miliar untuk Peraih Medali PON, Cair Januari 2022

Wali Kota Makassar, dalam kesempatan ini juga menjelaskan, strategi dan kesiapan Kota Makassar dalam menghadapi varian baru Covid-19.

Baik program maupun peralatan penunjang. Seperti akan diberlakukan genose test serentak, penyiapan ruangan dengan hepa sesuai standar penyakit paru, peningkatan SDM kesehatan serta alat tes khusus varian delta.

Selain itu Kapolda Sulsel juga menyatakan, Polda Sulsel bersama jajarannya telah dan siap berkolaborasi dan menggunakan potensi maksimal untuk mengendalikan Covid-19 di Sulsel.

Baca Juga : Vaksinasi PKK Sulsel Sasar 56.910 dalam Sehari, Plt Gubernur: Bukti Kekuatan Ibu-Ibu sebagai Penggerak

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan menerangkan, kunjungan Kapolda Sulsel bersama rombongan Forkopimda TK l ke Rumah sakit tersebut, dalam rangka memantau ketersedian dan kapasitas Rumah sakit.

"Jadi kunjungan tersebut memantau tingkat ketersediaan kapasitas rumah sakit, dan hal itu sebagai langkah antisipasi," jelas E.Zulpan.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Usman Pala
#Pemprov Sulsel #kapolda sulsel #Covid-19