Senin, 28 Juni 2021 16:16

Stok Sapi di Barru Melimpah, Harga Cenderung Naik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Seiring meningkatnya populasi , grafik harga penjualan sapi juga naik. Harga standar lama Rp11 juta, naik menjadi Rp12 juta.

RAKYATKU.COM, BARRU - Jelang Lebaran Iduladha" href="https://rakyatku.com/tag/iduladha">Iduladha Juli 2021 mendatang, Dinas Pertanian Barru melaporkan stok hewan kurban khususnya sapi melimpah.

Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad, mengatakan populasi sapi di Barru berjumlah 61.771 ekor, kerbau 200 ekor, kuda 2.706 ekor, dan ayam sebanyak 3 juta ekor.

"Stok hewan kurban kita dari tahun ke tahun semakin meningkat. Khususnya sapi," kata Ahmad, Senin (28/6/2021).

Baca Juga : Bupati Barru Safari Jumat di Desa Galung sekaligus Pantau Kondisi Jalan Penghubung

Meski demikian, seiring meningkatnya populasi itu, grafik harga penjualan sapi juga naik. Harga standar lama Rp11 juta, naik menjadi Rp12 juta.

"Hasil pemantauan kami di tingkat kelompok peternak, harga jual sapi sejak awal Juni berkisar Rp12 juta ke atas. Tidak ada lagi harga di bawah itu. Dan kemungkinan mendekati Iduladha harga terus naik," kata Ahmad.

Faktor kenaikan harga ini karena kualitas sapi bali di Barru makin baik. Dinas Pertanian intens melakukan vaksin dan memberikan vitamin kepada ternak sapi untuk menjaga kualitasnya.

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

Selain itu, pakannya juga di jaga dengan baik. sapi-sapi di Barru diberi pakan rumput gajah.

"Karena kualitasnya bagus, daerah tetangga banyak yang datang untuk membeli sapi-sapi kita. Bahkan ada yang minta dikirim ke luar Provinsi seperti Kalimantan," tuturnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Dinas Pertanian Barru #sapi #Iduladha