Senin, 28 Juni 2021 15:07

Optimalkan Pendapatan Pajak Daerah, Bupati Enrekang Hadiri Peluncuran Simpada

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Pajak dan Retribusi Daerah (Simpada) berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang, Senin (28/6/2021).
Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Pajak dan Retribusi Daerah (Simpada) berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang, Senin (28/6/2021).

Aplikasi ini dapat digunakan oleh wajib pajak untuk melaporkan pajaknya secara mandiri. Ada 11 jenis layanan pendapatan pajak dan 3 jenis retribusi lainnya yang dapat diakses via Sistem Informasi Manajemen Pajak dan Retribusi Daerah (Simpada).

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Bank Sulselbar bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bapenda Enrekang" href="https://rakyatku.com/tag/pemkab-enrekang">Enrekang menggelar peluncuran aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pajak dan Retribusi Daerah (Simpada) dan Gebyar Pajak 2021. Acara digelar di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (28/6/2021).

Acara yang mengangkat tema Digitalisasi Keuangan Kabupaten Enrekang Menuju Enrekang Maju Aman dan Sejahtera ini dihadiri Bupati Enrekang, Muslimin Bando, Wakil Bupati Enrekang, Asman, serta jajaran pimpinan Bank Sulselbar dan forkopimda.

Direktur Utama (Dirut) Bank Sulselbar, Amri Mauraga, memaparkan aplikasi Simpada ini mengelola data penerimaan pajak secara real time. Dengan begitu, pemerintah lebih mudah memonitor pencapaian penerimaan pajak daerahnya.

Baca Juga : Alokasi KUR Bank Sulselbar Naik 530 Persen, Capai Rp1 Triliun untuk 2024

Aplikasi ini dapat digunakan oleh wajib pajak untuk melaporkan pajaknya secara mandiri. Ada 11 jenis layanan pendapatan pajak dan 3 jenis retribusi lainnya yang dapat diakses via Simpada.

Bank Sulselbar dalam hal ini sebagai mitra strategis pemerintah daerah bertindak sebagai penyedia aplikasi dan penyedia layanan pembayaran pajak.

"Kita dengan bangga me-launching Simpada ini, dengan harapan dapat bermanfaat maksimal bagi kemitraan kita dengan Pemkab Enrekang," jelasnya.

Baca Juga : MCN Pesta Rakyat 416 Kembali Digelar. Kepala Dinas Pariwisata kota Makassar; Ini Kegiatan yang Konsisten dan Kontinyu Dilakukan

Bupati Enrekang, Muslimin Bando, menyebut Simpada dan Gebyar Pajak 2021 ini merupakan kerja sama pemerintah daerah dan Bank Sulselbar agar pendapatan pemerinta daerah makin optimal.

"Kita akan sangat terbantu, sebab lewat Simpada kita dapat memantau penerimaan daerah atas pajak dan retribusi. Kita juga dapat langsung melaporkan penerimaan daerah,” papar Muslimin.

Bagi wajib pajak, aplikasi ini dapat membantu wajib pajak untuk mendaftar, melaporkan, dan membayar pajaknya secara mandiri. Muslimin mengapresiasi ini, sebab akan memangkas birokrasi dan mempermudah masyarakat.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

"Masyarakat Enrekang tentu akan menyambut baik kemudahan ini. Sisa bagaimana kita menggencarkan sosialisasi pentingnya membayar pajak," ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap digitalisasi keuangan yang kian transparan dapat membawa Enrekang mempertahankan predikat WTP clean and clear.

Usai peluncuran aplikasi, Bupati dan Wakil Bupati menjadi yang pertama langsung mengaplikasikan dengan memproses pembayaran pajak 2021.

Penulis : Hasrul Nawir
#bank sulselbar #pemkab enrekang #Bapenda Enrekang