Minggu, 27 Juni 2021 19:09

PMI Sulsel akan Beri Mobil Operasional ke Pinrang dan Enrekang

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan (kanan).
Adnan Purichta Ichsan (kanan).

Adnan Purichta Ichsan melantik Pengurus PMI Kabupaten Pinrang dan Enrekang masa bakti 2020-2025 secara terpisah.

GOWA -- Ketua PMI Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan akan memberikan bantuan kepada PMI Kabupaten Pinrang dan Enrekang. Masing-masing berupa 1 unit mobil operasional relawan, 10 sprayer, dan 50 pakaian hazmat.

Hal tersebut diungkapkan PMI Sulsel" href="https://rakyatku.com/tag/pemkab-gowa">Adnan saat melantik Pengurus PMI Kabupaten Pinrang masa bakti 2019-2024 di Ballroom Hotel MS Pinrang dan melantik pengurus PMI Kabupaten Enrekang masa bakti 2020-2025 di Rujab Bupati Enrekang, Minggu (27/6).

"Hari ini kita akan memberikan bantuan kendaraan operasional mobil pickup bersama peralatannya yang bisa digunakan oleh para relawan kita di Pinrang dan Enrekang agar dalam melakukan kerja kemanusiaan bisa lebih bersemangat," ungkapnya.

Baca Juga : Adnan Purichta Kembali Pimpin PMI Sulsel

Ketua PMI Sulsel yang juga Bupati Gowa ini mengaku dalam melakukan tugas kemanusiaan tidak bisa dilakukan dengan jalan sendiri-sendiri tapi dibutuhkan kolaborasi semua pihak untuk bisa memberikan kontribusi terbaik kepada yang membutuhkan.

"PMI ini organisasi kemanusiaan sehingga jika ingin berkontribusi untuk daerah dan ingin membantu sesama maka tempatnya adalah PMI," jelasnya.

Selain itu, Adnan menyampaikan PMI kabupaten/kota segera menetapkan struktur tugas dan tanggung jawab kepengurusan dan struktur markas berdasarkan kompetensi serta melakukan pembinaan peningkatan kapasitas SDM relawan melalui pelatihan.

Baca Juga : Adnan Purichta Ichsan Lepas Kontingen Sulsel Ikuti Jumbara Nasional di Lampung

"PMI bukan hanya tentang donor darah tapi semua lini kehidupan manusia. Ketika ada bencana, PMI selalu siap siaga dan turun langsung ke lapangan membantu sesama," tambahya.

Ia juga mengajak PMI kabupaten agar bisa bersinergi dengan pemerintah dan Forkopimda setempat agar kebutuhan stok darah bisa tercukupi di daerah masing-masing dan Sulsel secara keseluruhan. 

"Kami ini PMI bisa menjalin kerjasama dengan Forkopimda, karena selama ini PMI di backup TNI/Polri dalah hal stok darah. Kita harapkan semua organisasi vertikal bisa MoU dengan PMI agar diatur jadwal setiap bulannya untuk melakukan donor rutin sehingga kebutuhan stok darah bisa aman," harap Adnan.

Baca Juga : Jumbara PMI Sulsel Siapkan Berbagai Doorprize Bagi Kontingen

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Pinrang yang juga Bupati Pinrang, Irwan Hamid mengatakan pihaknya telah di SK kan oleh Alm Ichsan Yasin Limpo yang merupakan Ketua PMI Sulsel sebelumnya pada tahun 2019 namun belum sempat dilantik, sehingga masa baktinya ini di tahun 2019-2024 dan telah aktif melakukan kerja-kerja kemanusiaan.

"Kami selama ini sudah cukup aktif dan relawan kami selalu turun langsung jika ada yang terkena bencana," katanya.

Hal yang sama diungkapkan Ketua PMI Kabupaten Enrekang, Muslimin Bando usai dilantik. Ia mengaku bangga Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan terpilih melanjutkan kerja kemanusiaan Alm Ichsan Yasin Limpo sebagai ketua PMI Sulsel dengan sepak terjang yang sangat baik.

Baca Juga : Jumbara PMR Sulsel Ajang Perkuat Solidaritas Antar Relawan

Ia juga mengaku telah aktif melakukan kerja kemanusiaan dan sudah banyak relawan-relawan yang tersebar, bahkan ketika ada bencana di beberapa daerah pihaknya tuun langsun ke lapangan membantu sesama.

Pada pelantikan ini Ketua PMI Sulsel turut didampingi beberapa pengurus PMI yakni Sekretaris PMI Sulsel, Rahmansyah, Wakil Ketua Bidang Yansoskesmas, Itji Diana Amin Daud, Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana, Hasanuddin Kamal, Kahar Gani, Imran Eka Saputra, Nurfiansyah Luthfi, dan pengurus PMI Provinsi Sulsel lainnya.

#PMI Sulsel #PMI Pinrang #PMI Enrekang