Minggu, 27 Juni 2021 15:01

Cegah Lonjakan Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Minta Perketat Penjagaan Pelabuhan dan Bandara

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cegah Lonjakan Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Minta Perketat Penjagaan Pelabuhan dan Bandara

Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menyebut perlu keterlibatan semua pihak untuk mencegah terjadinya lonjakan Covid-19 di Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menyebut perlu keterlibatan semua pihak untuk mencegah terjadinya lonjakan Covid-19 di Sulsel. Hal ini disampaikan melihat terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia.

Di Sulsel, kasus positif mulai naik di kisaran sekitar 100. Olehnya itu, Andi Sudirman mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Meski begitu, angka kesembuhan tetap dipertahankan di angka sekitar 97 persen. Dan angka kematian tetap ditekan di angka 1,5 persen.

"Terjadi gelombang lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia. Angka positif yang mengalami tambahan yang terjadi di Sulsel dari imported case atau kasus yang dari luar (Sulsel) masuk ke wilayah kita," katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu (26/6/2021).

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi dengan melakukan pengetatan penjagaan di perbatasan. Misalnya Bandara dan Pelabuhan.

"Kita juga akan mengecek untuk mengetahui kelompok (masyarakat) yang berdatangan di Sulsel," tambahnya.

Ia pun mendorong agar vaksinasi Covid-19 terus dilakukan. Hal ini menjadi instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk upaya satu juta vaksinasi per hari. Mengingat lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah setelah libur lebaran. Dalam upaya mencapai satu juta vaksinasi Covid-19 per hari, melibatkan jajaran TNI-Polri. Pelaksanaannya dibagi menjadi 40 persen dilaksanakan oleh TNI-Polri, sedangkan 60 persen sisanya dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat pemerintah daerah.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

"Kedepan atas arahan Bapak Presiden bagaimana target satu juta per hari vaksinasi Covid-19 kita kejar, dengan melibatkan aparat TNI dan Polri," sebutnya.

Andi Sudirman mengingatkan untuk terus menjaga kondisi tubuh di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini. Masyarakat juga perlu menjaga imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin serta minuman herbal lainnya.

"Tak lupa pula kita harus senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam menjalani aktivitas serta berdoa agar Sulsel dalam kondisi (Covid-19) terkendali," jelasnya.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Meski beberapa waktu lalu pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan menetapkan Sulsel menjadi salah satu dari sembilan provinsi zona hijau, Andi Sudirman Sulaiman mengimbau agar masyarakat tidak lengah. Selain vaksinasi, Pemprov Sulsel turut mengikuti instruksi Jokowi dalam ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro.

"Hijau bukan berarti kita bisa euforia. Kita tetap melaksanakan PPKM Mikro, kita harus terus waspada karena banyak saudara-saudara kita yang di luar yang masih berjibaku menangani Covid-19. Kita harus protektif dan pengetatan prokes diberlakukan, kewaspadaan tinggi, terukur apa yang kita kerjakan, menghindari kerumunan dan bagaimana balance (seimbang) antara pencegahan Covid-19 dan perekonomian tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Penulis : Syukur
#Plt Gubernur Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Pemprov Sulsel #Covid-19