Jumat, 25 Juni 2021 09:32

Gedung Apartemen Ambruk di AS, Sedikitnya 1 Tewas, 100 Masih Tertimbun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: AP.
Foto: AP.

Bagian gedung yang ambruk dipenuhi para penyewa dan diperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat.

RAKYATKU.COM, FLORIDA - Sedikitnya 1 orang tewas dan 100 lainnya diperkirakan masih tertimbun puing-puing reruntuhan bangunan gedung kondominium 12 lantai di Florida, Amerika Serikat (AS), yang ambruk pada Kamis pagi (24/6/2021) waktu setempat.

Para pejabat di negara bagian Florida mengaku masih belum mengetahui apa yang menyebabkan sebagian gedung di tepi pantai itu ambruk.

Kepala Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Miami-Dade County Ray Jadallah mengatakan kepada wartawan, menanggapi insiden itu tim darurat tiba di Town of Surfside sekitar pukul 01.30 dini hari waktu setempat.

Baca Juga : Gelombang Panas Suhu Tertinggi Sepanjang Masa, Banyak Korban Jiwa Berjatuhan di AS

Bagian timur gedung yang memuat sekitar 55 unit kondominium itu ambruk. Ia mengatakan tim penyelamat berhasil mengevakuasi 35 penghuni dari bagian gedung yang masih utuh dan menarik dua orang lainnya dari bagian gedung yang ambruk.

Ditambahkannya, lebih dari 80 unit gawat darurat datang ke lokasi kejadian. Sepuluh orang dirawat di lokasi kejadian karena cedera.

 

Walikota Surfside Charles Burkett mengatakan dua korban dilarikan ke rumah sakit, di mana salah seorang di antaranya kemudian dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga : Pelanggan Berikan Tip Rp230 Juta di Tagihan yang Hanya Rp550 ribu, Alasannya Bikin Haru

Burkett menambahkan ia diberitahu bahwa bagian gedung yang ambruk itu dipenuhi para penyewa dan diperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat.

Sponsored by MGID

Tim penyelamat masih berupaya keras mencari korban yang terperangkap di reruntuhan bangunan.

Sebelumnya Burkett mengatakan kepada wartawan, sulit membayangkan bagaimana kompleks apartemen yang dibandung pada 1980-an itu bisa ambruk dan bahwa bangunan tidak ambruk begitu saja.

Baca Juga : Ratusan Orang Belum Ditemukan di Apartemen Ambruk di AS, Anjing Pelacak dan Drone Diterjunkan

Di Gedung Putih, Presiden Joe Biden mengatakan siap mengerahkan sumber daya bantuan federal untuk membantu operasi penyelamatan korban.

“FEMA (Badan Manajemen Darurat Federal) sudah berada di lokasi, mengkaji apa yang terjadi, apa yang dibutuhkan, termasuk melihat sisa gedung yang masih bertahan--apakah penghuni di sana perlu dievakuasi dan menemukan tempat tinggal sementara bagi mereka. Kami juga ingin memastikan mereka memiliki tempat tinggal sementara, makanan, dan sebagainya,” ujar Biden.

Sumber: VOA Indonesia

Sponsored by advertnative
 
#Amerika Serikat #Gedung Ambruk