Kamis, 24 Juni 2021 23:56

1 dari 5 Warga Australia Tahu Jokowi adalah Presiden Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Warga Australia yang jadi responden dalam survei ini juga menunjukkan tidak tahu siapa yang menjadi pemimpin negara di kawasan tetangganya.

RAKYATKU.COM - Survei Lowy Institute 2021 menunjukkan 1 dari 5 warga Australia" href="https://rakyatku.com/tag/australia">Australia tidak tahu bahwa Joko Widodo adalah Presiden Indonesia, Narendra Modi adalah Perdana Menteri India, atau Perdana Menteri Jepang adalah Yoshihide Suga.

Warga Australia yang jadi responden dalam survei ini juga menunjukkan tidak tahu siapa yang menjadi pemimpin negara di kawasan tetangganya.

Namun, sikap warga Australia terhadap Indonesia menjadi lebih hangat pada 2021 dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga : Presiden Menghimbau Seluruh Wajib Pajak Segera Menyampaikan SPT Tahunan Paling Telat 31 Maret 2023

Itulah rangkuman laporan survei Lowy Institute tahun 2021 yang diterbitkan pada Rabu (23/6/2021).

Lowy Institute adalah sebuah lembaga pemikir berpengaruh di Australia, yang tiap tahun mengadakan survei untuk mengetahui pandangan warga Australia mengenai berbagai masalah global.

Survei terbaru 2021 dilakukan Maret lalu dengan bertanya kepada 2.200 warga, mulai dari masalah kepercayaan terhadap pemimpin mereka sendiri sampai masalah dunia yang dianggap kritis saat ini, seperti ekonomi dan perubahan iklim.

Baca Juga : Bekuk Tunisia, Australia Jaga Asa Lolos dari Fase Grup Piala Dunia 2022

Dalam survei tahun ini terlihat tingkat kehangatan terhadap Indonesia adalah 55 derajat, naik empat derajat dibandingkan tahun sebelumnya.

Di tahun ini juga lebih banyak warga Australia yang percaya jika Indonesia bertindak secara bertanggung jawab dibanding tahun 2020, jumlahnya naik 12 poin menjadi 48 persen.

Meski mereka lebih percaya kepada Indonesia, tapi hanya seperempat lebih, yakni 26 persen, dari mereka yang mengatakan yakin Presiden Joko Widodo dapat mengatasi masalah global.

Baca Juga : Bappenas - Pemerintah Australia Fasilitasi Pemprov Rancang Pengembangan Transportasi Kawasan Mamminasata

Sementara yang menjawab "tidak yakin siapa orang ini" adalah 18 persen dan sisanya tidak yakin, tidak percaya, atau tidak memberikan pandangan sama sekali.

Negara yang tingkat kehangatannya paling tinggi bagi warga Australia adalah Selandia Baru, yakni 87 derajat.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern juga menduduki peringkat pertama sebagai pemimpin dunia yang paling dipercayai, yakni 91 persen.

Baca Juga : Mentan Australia Kunjungi Indonesia, SYL Sebut Kerjasama Indonesia - Australia Makin Komprehensif

Sumber: ABC Indonesia

#Presiden RI Joko Widodo #australia #Lowy Institute