Rabu, 23 Juni 2021 08:48

170 ODGJ Sembuh dari COVID-19, Direktur RS Dadi: Mereka Tidak Pusing, Tidak Stres

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rumah Sakit Khusus Dadi (RSKD) Sulawesi Selatan.
Rumah Sakit Khusus Dadi (RSKD) Sulawesi Selatan.

"170 pasien ODGJ telah sembuh total karena mereka tidak memikirkan penyakitnya. Ini mereka gangguan jiwa jadi tidak pusing, karena stres itu sangat mempengaruhi."

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 170 pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ" href="https://rakyatku.com/tag/odgj">ODGJ) yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Dadi rs dadi corona" href="https://rakyatku.com/tag/rs-dadi">(RSKD) Sulawesi Selatan sembuh dari COVID-19 sejak sebulan lalu.

Direktur RSKD Sulsel, dr. Arman Bausat, menyebut ratusan pasien itu sembuh karena mereka secara psikologis tidak memikirkan penyakit yang diderita.

"170 pasien ODGJ telah sembuh total karena mereka tidak memikirkan penyakitnya. Ini mereka gangguan jiwa jadi tidak pusing, karena stres itu sangat mempengaruhi," kata Arman, Selasa (22/6/2021), dikutip dari CNN Indonesia.

Baca Juga : Termasuk Sulsel, Kemenkes Soroti Delapan Provinsi Alami Lonjakan Kasus Covid-19

Salah satu faktor yang menghambat penyembuhan bagi pasien Covid-19 normal, kata dia, karena sangat dipengaruhi oleh stres.

Sementara, pasien ODGJ tidak mengalami stres sehingga hal itu mempercepat penyembuhan mereka. "Sekarang sudah tidak ada ODGJ yang Covid," katanya.

Diketahui, akhir 2020 sekitar puluhan pasien ODGJ terdata positif Covid-19 di RSKD.

Baca Juga : ODGJ Berkeliaran Telanjang di Barru, Kini Diambil Keluarga

Penyebaran itu ketika salah seorang pasien ODGJ yang dirujuk ke RSKD Dadi diduga membawa virus corona hingga menulari pasien ODGJ lainnya.

#RS Dadi #ODGJ #COVID-19 Sulsel