Selasa, 22 Juni 2021 16:19

Karya Putra Lokal, Aplikasi Transportasi Online MalaTrans Dapat Sambutan Luar Biasa di Toraja

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Karya Putra Lokal, Aplikasi Transportasi Online MalaTrans Dapat Sambutan Luar Biasa di Toraja

MalaTrans merupakan transportasi jasa angkut darat berbasis android yang dapat diunduh di Play Store.

RAKYATKU.COM -- Siapa menyangka aplikasi transportasi online seperti layaknya Gojek telah beroperasi di wilayah Toraja, Sulawesi Selatan.

Menariknya, aplikasi tersebut karya anak bangsa asal Toraja yang telah menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat setempat.

"Kami juga surprise, sebelumnya tidak menyangka respons masyarakat Toraja sangat tinggi bahkan baru sebulan dua minggu kami beroperasi, sudah ada kurang lebih 250 mitra driver yang bergabung," kata Andi Pangeran Tandilangi Parassa (29), founder dan CEO aplikasi MalaTrans, Selasa (22/6/2021).

Menurut Pangeran, sejak pertama kali tayang di playstore 8 April 2021, jumlah dan animo pelamar yang ingin menjadi mitra yang masuk ke admin perusahaan membeludak. Begitu juga permintaan layanan konsumen yang masuk sejak dilaunching 29 April 2021 sangat tinggi sehingga manajemen sempat kewalahan.

“Inilah yang menjadi tantangan kami ke depan. Bagaimana bisa melayani konsumen pengguna jasa dengan penambahan jumlah mitra driver yang sebanding,” ujarnya.

Aplikasi MalaTrans ini, lanjut Pangeran, hadir sebagai inovasi kemudahan bagi masyarakat khususnya warga Toraja yang bisa memilih berbagai fitur yang ada di dalamnya, yang dapat bekerja sama dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Pangeran mengungkapkan aplikasi MalaTrans merupakan transportasi jasa angkut darat berbasis android yang dapat diunduh di Play Store. Ada layanan ojek online, layanan taxi online, kurir, Mala Food (belanja makanan), belanja kebutuhan sehari-hari (Mala Mart).

Selain itu MalaTrans juga memiliki kelebihan yakni fitur paket wisata dimana wisatawan domestik maupun mancanegara dapat dibawa keliling objek wisata suka-suka. Sudah termasuk bahan bakar, driver, biaya masuk objek wisata, serta biaya hotel yang telah bekerja sama nantinya.

“Hanya dengan sentuhan jari, lewat aplikasi, pihaknya akan menjemput langsung penumpang menggunakan mobil atau motor sampai di depan rumah hingga ke tujuan dengan melayani seluruh kecamatan dan lembang di dua Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara," lanjutnya.

Pemberian nama aplikasi MalaTrans sendiri diambil dari nama kampung halaman sang founder, yakni Buntu Mala yang terletak di Lembang Rantela’bi Sangalla, Tana Toraja. Nama Mala (Ma-ala bahasa Toraja) sendiri diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Laku.

“Jadi arti nama aplikasi MalaTrans adalah transportasi laku,” ungkapnya.

Karena itu, harapan Pangeran, dengan sesuai namanya aplikasi transportasi ini akan laku digunakan masyarakat Toraja.

“Yang tak kalah pentingnya juga MalaTrans diharapkan bisa memberikan penghasilan tambahan masyarakat yang berprofesi sebagai tukang ojek maupun sopir yang menjadi mitra kami,” jelas Pangeran.

#MalaTrans #transportasi online