Jumat, 18 Juni 2021 14:41

Menparekraf Sandiaga: Universitas Hasanuddin Industri Pemimpin Nasional

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, hadir di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat (18/6/2021).
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, hadir di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat (18/6/2021).

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan Unhas adalah salah satu industri lahirnya SDM unggul dan berdaya saing.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, hadir di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat (18/6/2021), dalam penandatanganan kerja sama pengembangan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hadir pada kesempatan ini Rektor Unhas, Dwia Ariestina Pulubuhu, Ketua Majelis Wali Amanat, Komjen Pol Syafruddin, Ketua Senat Akademik, Ketua Guru Besar, para dekan, dan civitas akademica Unhas.

Sandiaga mengatakan, Unhas adalah salah satu industri lahirnya SDM unggul dan berdaya saing. Pada era 1990-an, ada sosok Prof. Achmad Amiruddin yang pernah menjadi rektor dan Gubernur Sulsel serta Wakil Ketua MPR.

Baca Juga : Menparekraf Buka Secara Resmi Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Poltekpar 2024

Dia sangat menginspirasi dengan konsep petil olah jual, yang merupakan konsep transformasi ekonomi dan inovasi industri berdaya saing.

Pada awal reformasi, Unhas melahirkan tokoh nasional, seperti mantan Rektor Unhas Prof. Basri Hasanuddin yang dipercaya Presiden Gus Dur menjadi Menkokesra.

Jusuf Kalla, Ketua Umum IKA Unhas, juga telah mengisi perjalanan kepemimpinan bangsa dalam kurun waktu 20 tahun reformasi ini. "Kini beliau dipercaya oleh dunia sebagai tokoh perdamaian," kata Sandiaga.

Baca Juga : Unhas Terima Anugerah Perguruan Tinggi Informatif dari Komisi Informasi Pusat

Dia mengatakan, tak terhitung jumlah alumni Unhas yang telah mewarnai pembangunan ekonomi. Dari berbagai jenjang pengabdian. Mulai kepala desa, kepala daerah, BUMN, hingga saudagar tangguh serta profesor, peneliti andal yang melahirkan karya akademis. Sebagai rujukan dalam penyusunan rencana pembangunan nasional.

Dia juga menyampaikan, dalam kebijakan Kampus Merdeka dituntut mahasiswa Unhas harus mampu membangun karakter dan menjadi creative thingkers, creative leaders, agen pembaharu, dan pemimpin gerakan sosial dan ekonomi. Dengan begitu, tri dharma perguruan tinggi dapat diwujudkan.

"Kita semua optimis Indonesia akan mampu menjadi bangsa yang kuat, maju, dan menjadi pemenang dalam percaturan ekonomi dunia," katanya.

#Kemenparekraf #Universitas Hasanuddin #sandiaga uno