Jumat, 18 Juni 2021 13:41

Inovasi "Sahabat Lapor" Pemkab Gowa Masuk Finalis Top 99 Tingkat Nasional

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

Sahabat Lapor merupakan inovasi yang digagas Pemkab Gowa untuk membantu mempermudah masyarakat dalam menyampaikan laporan terkait pelayanan publik.

GOWA --Inovasi Sahabat Lapor yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Bagian Organisasi masuk dalam Finalis Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Hal ini tertuang dalam Pengumuman KemenPAN-RB Nomor : B/112/PP.00.05/2021 tentang Finalis Top Inovasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMD dan BUMD Tahun 2021 pada Rabu (16/6).

Sahabat Lapor merupakan inovasi yang digagas untuk membantu mempermudah masyarakat Kabupaten Gowa dalam menyampaikan laporan terkait pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Baca Juga : Gowa Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tiga Tahun Berturut-turut

Inovator Sahabat Lapor yang juga Kasubag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Setkab Gowa, Indra Said menjelaskan, Sahabat Lapor merupakan 18 orang perwakilan setiap kecamatan yang bertugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi Lapor terhadap pelayanan publik.

"Masih banyak masyarakat yang belum paham menggunakan teknologi sehingga kami membentuk Sahabat Lapor ini sebagai media untuk mengedukasi masyarakat menggunakan aplikasi Lapor.go.id atau sms ke 1708 jika ingin menyampaikan aspirasi atau laporan terkait pelayanan publik di Kabupaten Gowa," jelas Indra.

 

Ia menambahkan bahwa, sebelumnya inovasi Sahabat Lapor ini telah melalui tahapan Seleksi Administrasi dengan peserta 3.178 seluruh Indonesia, kemudian pada tahap Penilaian Proposal Inovasi Pelayanan Publik inovasi Sahabat LAPOR berkompetisi dengan peserta sebanyak 1.609, dan selanjutnya ditetapkan 260 peserta.

Baca Juga : Bupati Gowa Lepas 73 Ribu Paket Beras, Bulog Janji Ganti 1x24 Jam kalau Ada yang Rusak

"Setelah melalui berbagai tahapan, pada akhirnya Tim Evaluasi Kementerian PANRB menetapkan Inovasi Sahabat Lapor menjadi Top 99 terbaik Nasional untuk selanjutnya akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu presentasi dan wawancara Finalis Top Inovasi kepada Tim Panel Independen Nasional untuk menghasilkan Top 44 Nasional," tambahnya.

Sponsored by MGID

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina menyambut baik masuknya inovasi ini kedalam Top 99 Terbaik Nasional Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021.

Kamsina pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan atas dukungan dan arahannya serta instruksi beliau kepada seluruh SKPD untuk responsif dalam menindaklanjuti setiap laporan masyarakat.

Baca Juga : Tim Patroli PPKM yang Dipimpin Sekda Gowa Temukan 12 Pelanggar, Langsung Jalani Swab PCR

"Sejak awal dilaunchingnya Lapor di Gowa, pak Bupati menginstruksikan kepada SKPD untuk segera menindaklanjuti laporan masyarakat yang masuk ke aplikasi Lapor yakni dalam waktu 1x24 jam, sehingga kita berharap keberadaan Sahabat Lapor Kabupaten Gowa mempermudah dan mendukung Pemkab Gowa untuk menerima aspirasi masyarakat dan Sahabat Lapor ini bisa masuk dalam Top 44 Nasional," harapnya.

Sponsored by advertnative
 
#Pemkab Gowa #Top 99 KIPP #Sahabat Lapor Gowa