Kamis, 17 Juni 2021 17:21

Pengakuan ABK Sulsel yang Telantar di Timor Leste: Gaji 4 Bulan Tak Dibayar, Masak Pakai Air Hujan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Amir Hamzah.
Amir Hamzah.

"Sesampainya kami tiba di Timor Leste kapal kami tidak pernah dioperasikan oleh pihak pencarter di Timor Leste," kata Amir Hamzah, salah seorang anak buah kapal (ABK) MT Ocean Star.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Puluhan anak buah kapal (ABK) MT Ocean Star di bawah PT Niaga Sipping Internasional tengah telantar di perairan abk telantar Timor Leste" href="https://rakyatku.com/tag/timor-leste">Timor Leste. 

Salah satu ABK bernama Amir Hamzah kepada Rakyatku.com mengatakan, di kapal tersebut ada terdapat 20 ABK, yang seluruhnya dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka berangkat dari Batam pada 8 Feberuri 2021 lalu.

"Tanggal 10 Maret, saya diantar ke kapal yang letaknya di Tanjung Uban, Batam, tanggal 8 Maret kami bertolak dari Tanjung Uban menuju Wini, NTT, dan tiba pada 16 Maret 2021," kata Amir Hamzah yang merupakan warga Parrasangan Beru, Kecamatan Turatea, Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga : Meski Menang Besar Lawan Timor Leste, Shin Tae-yong: Kami Tidak Puas

Namun, kata dia, selang beberapa hari di Wini, kapal diberangkatkan ke Dili Timor Leste dan tiba pada 2 April.

"Sesampainya kami tiba di Timor Leste kapal kami tidak pernah dioperasikan oleh pihak pencarter di Timor Leste. Adapun keluhan kami di kapal, pertama gaji kami sudah berjalan empat bulan tidak dibayar," terangnya.

Selain itu, suplai bahan bakar dan air tawar beserta makanan terakhir pada 11 Mei. Dan dikasih tanggal 1 Juni semua sudah habis. Sampai saat sekarang ini kami tidak disuplai lagi bahan makanan dan lainnya," akunya.

Baca Juga : Hadapi Timor Leste, Shin Tae-yong: Kami Sudah Siap

"Adapun yang membantu kami, yaitu dari pihak KBRI. Itupun makanan seadanya dan tidak ada air tawar, yang ada hanya air botol kemasan untuk minum saja," sebutnya.

Dia menambahkan, air yang dipakai memasak hanya mengandalkan air hujan. Dia pun berharap perhatian pemerintah Indonesia agar dapat pulang ke kampung halaman.

Baca Juga : 3 Pemain Asal Papua Ciptakan Gol, Timnas Indonesia Kalahkan Timor Leste

"Untuk memasak kami menunggu air hujan baru kami tadah. Itulah yang kami pakai untuk memasak di kapal itupun kalau hujan turun. Kami juga berharap di sini perhatian pemerintah Indonesia agar dapat memulangkan kami ke kampung halaman. Beserta hak-hak kami yang selama kurang lebih empat bulan itu dipenuhi," harapnya.

Penulis : Samsul Lallo
#Timor Leste #ABK Telantar #ABK Telantar Timor Leste #MT Ocean Star