Kamis, 17 Juni 2021 14:39

Buka Coaching Clinic PMPRB, Bupati Jeneponto Bocorkan Indeks Reformasi Birokrasi yang Masih Kategori C

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memotivasi jajarannya agar meningkatkan indeks reformasi birokrasi masih dianggap belum baik oleh Kemenpan RB.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO -- Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar membuka coaching clinic Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB), Kamis (17/6/2021).

Acara berlangsung di ruang pola Panrannuanta kantor bupati. Bupati didampingi Sekda Jeneponto Syafruddin Nurdin dan asisten III.

Coaching clinic ini salah satu tindak lanjut program pemerintah pusat dalam hal pelaksanaan reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Digelar Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, coaching clinic PMPRB ini diikuti peserta dari berbagai institusi.

Kabag Organisasi, Siti Meryam menyampaikan kegiatan coaching clinic PMPRB dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2010 tentang Grand Desain Formasi Birokrasi 2010-2025 dan Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024.

"Kegiatan ini ditujukan pada delapan area perubahan yakni manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tata laksana, penataan sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas kerja, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik," sebutnya.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Sementara itu Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyebut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah memberikan penilaian nilai indeks RB kepada Pemkab Jeneponto pada tahun 2020.

"Indeks reformasi birokrasi kita saat ini adalah 43,23 atau masih kategori C (cukup). Pelaksanaan reformasi birokrasi masih dianggap belum baik oleh tim Kemenpan RB," ujarnya.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Bupati Iksan Iskandar juga meminta kepada seluruh kepala perangkat daerah agar berkomitmen mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, kapabel serta birokrasi yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, kepada seluruh pejabat yang mengikuti kegiatan.

"Mari kita mendukung upaya perubahan pemerintah ke arah good goverment yang akuntabel, transparan, partisipatif, efektif dan efisien serta senantiasa memegang teguh komitmen untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Pemerintah Kabupaten Jeneponto yang kita cintai," terangnya.

 

Penulis : Samsul Lallo
#iksan iskandar #Pemkab Jeneponto #Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi