Kamis, 17 Juni 2021 09:27

Bupati Wajo Laporan ke Plt Gubernur Sulsel Persiapan Peresmian Bendungan oleh Jokowi

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jokowi bakal meresmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo
Jokowi bakal meresmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo

Presiden Jokowi akan meresmikan bendungan Paselloreng dan bendungan Gilireng

RAKYATKU.COM, WAJO - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan bendungan paselloreng" href="https://rakyatku.com/tag/bendungan-paselloreng">bendungan Paselloreng dan bendungan Gilireng, di Kabupaten Wajo.

Bupati Wajo, Amran Mahmud menemui Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman terkait persiapan peresmian kedua bendungan tersebut.

"Nantinya Bapak Presiden akan meresmikan Bendungan Paselloreng dan Bendungan Gilireng, di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo," kata Amran.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Dalam pertemuan itu, Bupati Wajo melaporkan mengenai Participating Interest (PI), proporsi kepemilikan produksi dan eksplorasi atas suatu wilayah kerja migas. PI merupakan keikutsertaan badan usaha, termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan bentuk usaha tetap dalam pengelolaan hulu migas melalui pengalihan PI.

"Rencananya Participating Interest akan dilakukan segera. Kita perlu dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk penyelesaian dokumen BUMD," tambahnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan mengenai PI harus berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 37/2016 Tentang Penawaran PI Maksimal pada wilayah minyak dan gas bumi.

Baca Juga : Pasca Libur Idul Fitri, Andi Bataralifu Cek Kehadiran ASN Pemkab Wajo

"Pemerintah Provinsi akan mengajukan Perda untuk pembentukan BUMD, Kabupaten Wajo juga (ajukan perda). Nantinya Pemprov dan Pemda mendapatkan 10 persen, dari pengelolaan migas yang beroperasi," katanya.

Mengenai kunjungan kerja Jokowi di Sulsel, Andi Sudirman mengaku sebagai bentuk kepedulian dan perhatian bagi Sulsel. Mengingat Jokowi pun baru saja berkunjung di Sulsel dalam peresmian beberapa proyek sekaligus memantau vaksinasi Covid-19.

"Kita berharap dengan peresmian bendungan ini bisa difungsikan dan dimanfaatkan masyarakat, baik untuk bidang pertanian maupun lainnya. Serta bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar dan Wajo pada umumnya," tuturnya.

Baca Juga : Pejabat Bupati Silaturahmi Calon Bupati Wajo Dalam Momentum Idul Fitri 1445

Menurutnya, hadirnya bendungan ini sebagai bentuk investasi pemerintah.

"Investasi ini yang dirasakan langsung oleh masyarakat banyak," pungkasnya.

Penulis : Syukur
#pemkab wajo #Joko Widodo #Bendungan Paselloreng