Rabu, 16 Juni 2021 21:40

Bicara di Forum Internasional, Konsep Makassar Recover Danny Pomanto Jadi Perhatian

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bicara di Forum Internasional, Konsep Makassar Recover Danny Pomanto Jadi Perhatian

Program Makassar memiliki sejumlah kegiatan yang terukur.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Ide-ide Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto terus diakui dunia. Hari ini, dia tampil sebagai keynote speaker seminar internasional.

Seminar itu bertajuk The First International Conference of Social Science Humanities and Technology yang digelar Ikatan Keluarga Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia Chapter Makassar.

Seminar ini digelar untuk menyatukan pemikiran para cendekiawan, praktisi, dan para pakar di berbagai bidang keilmuan dalam menyikapi berbagai bencana alam maupun bencana non alam, khususnya pandemi Covid-19.

Baca Juga : PDAM Makassar Raih Predikat Bintang 4, Beni Iskandar Dinobatkan Top CEO 2024

Wali Kota Makassar memaparkan terkait tiga ekosistem Makassar Recover yang meliputi imunitas kesehatan, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi.

"Makassar Recover adalah program system yang dirancang untuk bergerak secara serentak. Dengan 10 ribu relawan detektor yang bertugas secara door to door dan tatap muka. Selain itu Makassar Recover juga mengatur terkait pendataan warga secara digital melalui aplikasi yang telah disiapkan. Data tersebut digunakan sebagai acuan untuk mengetahui kesehatan masyarakat dan melakukan tracing. Juga sebagai dasar penetapan imunitas kesehatan warga masyarakat," papar Danny Pomanto secara virtual, Rabu (16/6/2021).

Berdasarkan hasil data yang dihimpun pula, dengan hasil terukur beberapa kegiatan program Pemerintah Kota Makassar berjalan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, seperti halnya saat hari raya Idulfitri, dengan treatment yang dilakukan tidak menimbulkan klaster.

Baca Juga : Pemkot Makassar Raih Lima Penghargaan Top BUMD 2024

"Alhamdulillah data per tanggal 13 Juni dilaporkan Makassar dalam dua minggu terakhir, tidak ada kasus kematian Covid-19," ujarnya.

Dalam seminar internasional tersebut juga menghadirkan Naib Canselor UKM, Prof Dato' Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman, Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB, Dr Ir Agus Wibowo, MSc, serta Direktur Pusat Perhubungan Alumni UKM, Prof Ir Dr Syuhaimi A Rahman.

Pemaparan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto mendapat apresiasi dari tim pelaksana seminar, dan berharap kesediaan wali kota Makassar untuk berbagi materi serta konsep Makassar Recover.

Baca Juga : Pemkot Makassar-Bank Sulselbar Segera Adakan Koridor Kota Makan Enak 24 Jam

 

#danny pomanto #Makassar Recover