Rabu, 16 Juni 2021 17:11

Ketua HKTI: Pertanian adalah Kekuatan Bangsa dan Bentengnya Negara

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Moeldoko
Moeldoko

HKTI siap bekerja sama dan bekerja keras membantu petani dalam meningkatkan produksi.

RAKYATKU.COM - Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal (Pur) moeldoko">Moeldoko menegaskan bahwa sektor pertanian adalah kekuatan utama sekaligus benteng negara dalam menghadapi gelombang pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

"Karena itu, HKTI siap bekerja sama dan bekerja keras membantu petani dalam meningkatkan produksi," ujar moeldoko">Moeldoko dalam video zoom bertajuk Jaya Suprana Show, Selasa (15/6/2021).

Moeldoko mengatakan, saat ini ada dua fenomena yang menjadi titik balik bangkitnya sektor pertanian Indonesia. Fenomena pertama adalah banyaknya masyarakat yang sebelumnya bekerja di kota kini kembali ke desa. Mereka mulai bertani dan bercocok tanam sebagai salah satu mata pencaharian.

Baca Juga : Istri Moeldoko Meninggal Dunia

"Berikutnya ada fenomena produk hortikultura yaitu bunga-bungaan yang memiliki nilai jual tinggi. Hampir setiap rumah memelihara bunga-bunga. Ini maknanya apa? Bahwa ada peluang untuk bertani. Jadi menurut saya pertanian dalam konteks pandemi ini cukup bertahan dengan baik," katanya.

Terkait hal ini, Moeldoko meyakinkan bahwa menjadi petani adalah jalan yang pasti dalam menambah pundi-pundi ekonomi. Apalagi saat ini pemerintah sudah mendorong teknologi dan mekanisasi.

"Saya ingin merubah cara berpikir masyarakat bahwa petani itu bertanam bukan hanya untuk hidup, tapi untuk mata pencaharian. Dan menjadi petani itu bisa kaya, bisa sukses. Untuk itulah, doktrin saya selama ini adalah memberi cara pandang bahwa agriculture atau budaya bertani itu harus menerima perubahan, yakni menggunakan teknologi dan mekanisasi. Jadi jangan alergi menerima perubahan perubahan itu," tutupnya.

Baca Juga : Perintah Presiden Jokowi, Pemda Tanggung Biaya Transportasi Bahan Pokok Saat Harga Naik

Sebagaimana diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis nilai ekspor hasil pertanian selama Januari-Mei 2021 yang mengalami kenaikan tinggi, yakni sebesar 13,39 persen. Kenaikan terjadi karena subsektor tanaman obat, sarang burung walet dan produk olahan lainya seperti rempah dan kopi mengalami kenaikan permintaan.

Dengan hasil tersebut, maka sektor pertanian secara kumulatif menyumbang kenaikan tinggi terhadap industri pengolahan, yakni sebesar 30,53 persen.

Adapun ekspor nonmigas secara keseluruhan yang dihitung pada Mei 2021 mencapai 94,36 persen. Demikian juga dengan ekspor pertanian yang dihitung secara tahunan (YonY) mengalami kenaikan sebesar 0,69 persen, dimana tanaman obat aromatik dan rempah menjadi penyumbang terbesarnya.

Baca Juga : Ajak Warga Gunakan Masker, KSP Punya Gerakan dari Pintu ke Pintu

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri menegaskan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja keras para petani dan berbagai pihak yang mendukung jalannya proses pembangunan pertanian nasional.

Karena itu, kata Kuntoro pemerintah melalui Kementan akan terus menggenjot peningkatan produksi dan kesejahteraan petani. Selain itu, peningkatan nilai ekspor pertanian juga didorong melalui program yang digagas Mentan Syahrul Yasin Limpo, yakni Gerakan Tiga Kali Ekspor (Geratieks).

"Gerakan itu merupakan gerakan yang akan mengakomodir semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan ekspor produk pertanian. Tentu kita berharap ke depan, ekspor pertanian semakin lebih baik lagi," tutupnya.

Baca Juga : Ketua Pemuda Tani HKTI Sulsel Selamati Yasir Mahmud Jabat Dirut Perseroda

 

#Moeldoko #HKTI Sulsel