Rabu, 16 Juni 2021 16:12

Uji Klinis Vaksin Nusantara Dr Terawan Rampung, Hasilnya 17 Subjek Alami Pegal

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
dr Terawan Agus Putranto
dr Terawan Agus Putranto

Uji klinis Fase II vaksin Nusantara yang diprakarsai dr Terawan Agus Putranto, sudah rampung.

RAKYATKU.COM - Uji klinis Fase II vaksin nusantara" href="https://rakyatku.com/tag/vaksin-nusantara">vaksin Nusantara yang diprakarsai dr terawan" href="https://rakyatku.com/tag/dr-terawan">dr Terawan Agus Putranto, sudah rampung.

Uji klinis vaksin Nusantara melibatkan 136 subjek, dari target semula 227 subjek.

Beberapa di antaranya tak bisa mengikuti uji klinis lantaran tak lolos skrining atau masuk dalam kategori eksklusi karena positif Covid-19 hingga sedang hamil, adapula yang berhalangan hadir.

Baca Juga : Herannya Terawan, Negara Tak Keluar Uang tetapi Bikin Aturan Halangi Pengembangan Vaksin Nusantara

Johnny mengaku, uji klinis sudah dimulai sebelum akhirnya ada MoU Nota Kesepahaman bersama BPOM, Kementerian Kesehatan, dan TNI AD, sehingga hasilnya menurut dia tetap perlu dipublikasikan.

Hasil uji klinis vaksin dendritik Nusantara dr Terawan Agus Putranto tersebut diklaim tak mencatat kejadian tidak diinginkan (KTD) kategori serius, melainkan hanya kategori ringan saja.

"Hasilnya adalah kejadian tidak diinginkan semua derajat ringan. Terdapat 24 subyek yang mengeluhkan reaksi lokal grade 1," kata peneliti utama vaksin Nusantara berbasis dendritik, Johnny dalam rapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga : Percaya Terawan, Aburizal Bakrie Terima Vaksin Nusantara walau Belum Dapat Izin BPOM

Subjek yang mengalami kejadian tidak diinginkan kategori ringan, yakni pegal 17 orang, memar 3 orang, kemerahan 3 orang, dan gatal 1 orang.

"Pada follow up minggu pertama sampai minggu keempat (pasca vaksinasi) tidak didapatkan kejadian tidak diinginkan reaksi sistemik, tidak didapatkan kejadian serious adverse event sampai pasiennya dirawat di rumah sakit," kata dia dilansir dari detik.com.

Lebih lanjut, Johnny menjelaskan uji klinis Fase II vaksin dendritik tersebut melakukan cek darah lengkap di laboratorium, hingga kimia darah, elektrolit, dan melihat keamanan fungsi hati hingga fungsi ginjal. Hasilnya tak ada kelainan dari hasil pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga : BPOM Temukan Komponennya Diimpor dari AS, Beberapa Anggota DPR Jadi Relawan Vaksin Nusantara Karya Terawan

Johnny juga menyebut uji Fase II vaksin Nusantara dendritik melihat berapa banyak dosis yang cocok diberikan pada subjek. Dari uji tiga kategori yaitu 0,1, 0,3, dan 1,0 mikrogram, dosis 0,1 diklaim Johnny sudah memberikan imunitas seluler yang bermakna, sehingga dipilih 0,1 dosis.

Dengan pemantauan uji Fase II vaksin dendritik Nusantara di minggu pertama hingga keempat setelah vaksinasi, Johnny menyimpulkan hingga saat ini keamanan vaksin baik dan tak tercatat KTD berat atau serius.

"Dari ketiga dosis antigen protein S yang dipakai dalam penelitian ini meningkatkan imunogenisitas seluler terutama sel T. Dosis antigen protein S minimal yang dapat memberikan imunogenisitas seluler optimal adalah 0,1 mikrogram," bebernya.

#vaksin nusantara #dr Terawan