Rabu, 16 Juni 2021 08:32
Pembukaan kegiatan TMMD di Aula Pemkab Koltim, Selasa (15/6/2021).
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COM, KOLAKA TIMUR - Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menjadi tuan rumah kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD ke-111" href="https://rakyatku.com/tag/tmmd">TMMD) ke-111 Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan Kodim 1412/Kolaka. Ini adalah kedua kalinya Koltim menjadi tuan rumah.

 

Program TNI ini akan menyasar kegiatan fisik dan nonfisik selama sebulan penuh yang berada di daerah pelosok Koltim, sesuai dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.

Bupati Koltim, Andi Merya Nur, mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan TMMD. Melalui kegiatan TMMD diharapkan akan mewujudkan visi-misi Pemkab Koltim.

Baca Juga : TMMD Kolaka Timur Sosialisasi Dampak Pernikahan Usia Dini

"Alhamdulillah kegiatan TMMD sudah dua kali masuk di Koltim dan memberikan kontribusi besar bagi daerah sehingga suatu kebanggaan kita bersama Koltim untuk kedua kalinya bisa melakukan kegiatan TMMD. Dengan kegiatan TMMD ini akan wujudkan visi-misi SBM dalam membangun Koltim," Kata Andi Merya dalam sambutannya saat membuka kegiatan TMMD di Aula Pemkab Koltim, Selasa (15/6/2021).

 

Dirinya mengintruksikan kepada seluruh jajarannya untuk proaktif menyukseskan kegiatan ini.

"Saya minta kepada seluruh SKPD agar aktif untuk berkontribusi dalam kegiatan tersebut dan saya juga berharap kerja samanya agar sinergitas antara TNI-Polri dan masyarakat tetap terjaga sehingga program TMMD bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana," pintanya.

Baca Juga : Hari Ke-14 TMMD Koltim, Ketua Tim Wasev Mabesad: Pengerjaan Fisik di Atas 70 Persen

Sementara itu, Dandim 1412/Kolaka, Letkol Risa Wahyu Pudji Setiawan, mengatakan TMMD ini merupakan program sentral sektoral dari Mabes TNI untuk membantu masyarakat yang berada di daerah pelosok yang jauh dari pusat perkantoran. Dengan membangun beberapa kegiatan fisik seperti fasilitas umum.

"Untuk kegiatan TMMD ke-111 tahun 2021 ada tiga kegiatan utama yang akan dilaksanakan, yaitu pembangunan rumah ibadah seperti masjid, gereja, dan embung di Kecamatan Aere dengan melibatkan 150 personel TNI dan dibantu oleh personel Polri juga masyarakat setempat," ucapnya.

Selain itu, kata Risa, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan nonfisik seperti melakukan kegiatan penyuluhan dan pelatihan budi daya air tawar atau bio plok kepada masyarakat.

Baca Juga : Belum Cukup 2 Pekan, Pekerjaan Tim Satgas TMMD Koltim Sudah 60 Persen

"Insyaallah kegiatan TMMD ini akan kami laksanakan sampai tanggal 10 Juli. Dan kami juga mengucapkam terima kasih atas kepercayaan Pemda Koltim telah men-support kegiatan TMMD ini," tuturnya.

"Saya juga menitip pesan kepada seluruh personel agar bekerja dengan hati, profesional dari apa tugas yang dikerjakan, kemudian bersyukur sehingga dengan tiga hal tersebut bagaimana TNI dan stakeholder bisa menjadi mata air bukan air mata bagi masyarakat," imbuhnya.

Penulis : Lisa Emilda