Selasa, 15 Juni 2021 23:03

Penyelenggara Olimpiade Tokyo Bagikan 150 Ribu Kondom, tetapi ... Disarankan Dibawa Pulang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Issei Kato/Reuters.
Foto: Issei Kato/Reuters.

Panitia mengimbau para atlet untuk membawanya pulang, daripada menggunakannya karena peraturan jaga jarak dan protokol kesehatan diutamakan.

RAKYATKU.COM - Penyelenggara Olimpiade Tokyo berencana membagikan sekitar 150 ribu kondom dalam perhelatan bulan depan.

Namun, panitia mengimbau para atlet untuk membawanya pulang, daripada menggunakannya karena peraturan jaga jarak dan protokol kesehatan diutamakan.

Sejumlah besar kondom telah dibagikan dalam pertandingan sejak Olimpiade di Seoul pada 1988 untuk meningkatkan pemahaman akan HIV/ AIDS. Penyelenggara mengatakan Komite Olimpiade Internasional telah meminta agar gerakan itu tetap dilanjutkan.

Baca Juga : Digigit Wali Kota, Medali Emas Atlet Ini Akan Digantikan Komite Olimpiade Internasional

Namun, para atlet diimbau untuk saling menjaga jarak. Artinya, lebih kecil peluang untuk bersosialisasi dan lain-lain.

"Pembagian kondom bukan untuk digunakan, tapi untuk dibawa pulang ke negara mereka masing-masing untuk meningkatkan pemahaman akan isu-isu HIV dan AIDS," demikian penyelenggara dikutip kepada Reuters dikutip pada Selasa (15/6/2021).

Para penyelenggara telah melarang penonton dari luar negeri. Mereka mengimbau kepada para penonton yang akan hadir untuk memberi dukungan dengan bertepuk tangan saja, dan tidak berteriak atau bernyanyi, guna mengurangi risiko penyebaran virus.

Baca Juga : Lawannya dari Iran Ditandu Keluar Matras, Karateka Arab Saudi Heran Wasit Putuskan Dapat Medali Perak

"Kami harus melakukan apa yang bisa dilakukan untuk memastikan agar wabah tidak terjadi, dan kami perlu kerja sama dari para atlet dan delegasi untuk menyukseskannya," tambahnya.

Sumber: VOA Indonesia

#Olimpiade Tokyo 2020