Selasa, 15 Juni 2021 17:25

"Jangan Lebih Indah Bajumu daripada Tindakanmu," Amran Sulaiman Beri Motivasi Pemuda Tani Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
"Jangan Lebih Indah Bajumu daripada Tindakanmu," Amran Sulaiman Beri Motivasi Pemuda Tani Sulsel

Andi Amran Sulaiman banyak mengungkap kata-kata bijak untuk memotivasi pemuda tani di Sulsel.

RAKYATKU.COM -- Menteri Pertanian Kabinet Kerja 2014-2019, Dr Ir H Andi Amran Sulaiman, MP berharap agar pemuda tani bisa menjadi penggerak pemanfaatan lahan pertanian yang selama ini banyak tak diolah dan dimanfaatkan.

"Pemuda tani sahabatku, jangan kena matahari di rumah. Jangan biarkan sawah subur tidur. Pemuda tani, jangan lebih indah bajumu daripada tindakanmu."

Demikian Amran memotivasi puluhan aktivis Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Halal Bihalal Kementerian Pertanian, Mentan Amran Bicara Cinta Membangun Pertanian Gemilang

Hal tersebut diungkapkan Amran saat menjadi pembicara kunci dalam dialog nasional yang menjadi rangkaian dari pelantikan pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Tani HKTI Provinsi Sulawesi Selatan periode 2021-2026, Selasa (15/6/2021) siang di La'riz Whtree Hotel, Makassar.

"Saya selalu tekankan di mana pun berada, yang terpenting dalam hidup adalah mengubah pola pikir. Kalau ini berubah, berusaha juga hidup kita. Hijrah dalam Islam. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin," lanjutnya.

Baca Juga : Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

Olehnya itu, Amran mengajak pemuda tani untuk bersama-sama berhijrah, dalam arti menjadi Pemuda Tani Indonesia, yang disiplin, selalu semangat, inovatif, dan kreatif.

Amran lalu menceritakan suka dukanya berusaha dari bawah dan mengajak para pemuda untuk tak lelah berusaha dan harus berani berubah. "Teman-teman pemuda tani, ayo berubah mulai hari ini."

"Ada yang menghinamu, jadikan guru. Ada yang memujimu, jadikan guru. Sama-sama guru, itulah yang menjadikan kita tegar nantinya. Soekarno mengajarkan kita mimpi besar. Kalau sudah mimpi besar, kita action, kalau sudah action, akan ada perubahan besar," lanjutnya.

Baca Juga : Ini Solusi Darurat Kementan Atasi Dampak Banjir di Pati

Pelantikan dihadiri Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Prov Sulsel, Dr Andi Ardin Tjatjo, MP; Sekretaris HKTI Sulsel, Dr Ir H Sudirman Numba, MS, Wakil Ketua DPO Pemuda Tani HKTI Sulsel, Yasir Mahmud, SE.

Juga turut hadir Ketua Dewan Pakar Pemuda Tani HKTI Sulsel, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc, Sekretaris Dewan Pakar Pemuda Tani HKTI Sulsel, Marhamah Nadir, SP, MSi, PhD serta tamu undangan dari berbagai organisasi kepemudaan dan profesi pertanian.

Di akhir paparannya, Amran mengingatkan agar pemuda tani di Sulawesi Selatan senantiasa menjaga spirit toddopuli. "Tolong toddopuli. Satu kata dengan perbuatan. Baju Anda indah, jangan jadikan itu hanya hiasan," pungkasnya.

#Andi Amran Sulaiman #HKTI Sulsel #Pemuda Tani