Selasa, 15 Juni 2021 15:28

Gowa Siap Kolaborasi Dorong Keberhasilan Program PKK Pusat

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gowa Siap Kolaborasi Dorong Keberhasilan Program PKK Pusat

Program-program PKK yang berorientasi pada masyarakat, menurut Mussadiyah harus dikolaborasikan agar dapat terlaksana sesuai target yang telah ditetapkan.

GOWA -- Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan harus lebih aktif membangun kolaborasi dengan semua pihak. Agar fokus kerja yang telah direncanakan, dapat benar-benar menyasar masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Kabupaten Gowa, Hj. Mussadiyah Rauf saat menghadiri Pelantikan TP PKK Pusat Sisa Masa Bakti 2020 - 2024 secara virtual di Peace Room A'Kio, Kantor Bupati Gowa, Selasa (15/6).

"Untuk di Kabupaten Gowa sendiri, fokus utama kita yaitu penurunan angka stunting, pengembangan karakter SDM sejak dini melalui PAUD, dan pembinaan UMKM," ungkapnya.

Baca Juga : PPKM Level 3 Berlanjut, Bupati Gowa Minta Personel Jaga Semangat

Oleh karena itu, program-program yang berorientasi pada masyarakat ini, menurut Mussadiyah harus dikolaborasikan agar dapat terlaksana sesuai target yang telah ditetapkan.

"Saya harap hasil dari pelaksanaan program PKK khususnya di Kabupaten Gowa bukan hanya sekadar rekomendasi saja. Tapi benar-benar dapat langsung terlihat hasilnya," imbuhnya.

 

Dalam arahannya seusai acara pelantikan, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Pengurus TP PKK Pusat sebelumnya atas segala upaya dan dedikasi yang telah dilakukan sehingga mampu memberikan sumbangsih nyata dalam pembangunan nasional melalui tahapan-tahapan pelaksanaan kegiatan PKK yang merupakan proses panjang dan berkelanjutan.

Baca Juga : Gowa Perpanjang PPKM Level III, PKL dan Warung Makan Bisa Buka hingga Pukul 22:00

"Saya harap TP PKK Pusat akan mampu menggerakkan jaringan PKK di seluruh daerah dengan menciptakan langkah-langkah yang inovatif serta mampu mengembangkan keterampilan entrepreneurship," pesannya.

Sponsored by MGID

Hal ini agar PKK sebagai mitra pemerintah dapat lebih independen dalam mendukung program - program pembangunan, melalui gerakan masif dan terstruktur.

Ketua TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian menyampaikan agar pengurus yang baru saja dilantik dapat cepat menyesuaikan dengan ritme kerja TP PKK Pusat. Ia juga mengingatkan agar program-program yang dilaksanakan oleh TP PKK di setiap daerah harus mengacu pada Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Gerakan PKK.

Baca Juga : Berbatasan dengan Kota Makassar, Bupati Gowa Selaraskan Aturan Perpanjangan PPKM

"Rasa syukur dan bangga selalu kami rasakan karena dapat menjadi bagian dari keluarga besar PKK seluruh Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, PKK adalah satu-satunya organisasi yg sampai ke struktur terkecil masyarakat yaitu keluarga. Pemberdayaan keluarga ini dapat terlaksana berkat program Dasawisma yang dicanangkan oleh PKK.

"Program Dasawisma ini membantu kita menginventarisir permasalahan yang dihadapi serta potensi yang dimiliki oleh tiap keluarga sehingga ke depan mampu lebih adaptif terhadap perkembangan," terangnya.

Baca Juga : Bupati Gowa Tunjuk Tiga Plt Kepala Dinas

Lebih lanjut, Tri Tito Karnavian juga menghimbau kepada Pengurus TP PKK untuk dapat menegakkan kedisiplinan, etika, dan etos kerja dalam melaksanakan programnya, agar nama PKK tidak hanya menjadi penghias di antara kegiatan pemerintah yang lainnya. 

Sponsored by advertnative
 
#Pemkab Gowa #TP PKK Gowa