Minggu, 13 Juni 2021 13:05

Katanya Tidak Diizinkan Dewa, Warga di Desa India Kompak Menolak Vaksin Covid-19

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Katanya Tidak Diizinkan Dewa, Warga di Desa India Kompak Menolak Vaksin Covid-19

Warga di desa terpencil di Himalaya, negara bagian Himachal Pradesh, India utara, menolak disuntik vaksin covid-19.

RAKYATKU.COM - Warga di desa terpencil di Himalaya, negara bagian Himachal Pradesh, india" href="https://rakyatku.com/tag/india">India utara, menolak disuntik vaksin covid-19" href="https://rakyatku.com/tag/vaksin-covid-19">vaksin covid-19. Penduduk desa mengatakan dewa tak menyetujui vaksin.

Padahal tenaga kesehatan sudah berjalan 5 Km untuk memberikan vaksin di desa tersebut.

Hanya 36 orang yang mau disuntik Vaksin Covid-19. Padahal desa itu memiliki lebih dari 2.200 penduduk, seperti dikutip dari suara.com. Meskipun sedikit, petugas kesehatan mengatakan ini adalah kemenangan besar.

Baca Juga : Pengakuan Korban Selamat Tabrakan Kereta di India: Saya Lihat Orang Kehilangan Tangan, Kehilangan Kaki

Penduduk Malana enggan mengambil vaksin selama berbulan-bulan karena dewan desa dan otoritas agama menghalangi upaya mereka dengan klaim dewa setempat, yang dikenal sebagai Jagadamani Rishi, tidak setuju.

Tak main-main, butuh sekitar lima bulan bagi mereka untuk melaksanakan ritual, doa dan petisi bagi dewa untuk 'menyampaikan persetujuannya' kepada dewan untuk vaksinasi.

Izin ilahi yang ditunggu itu datang pada pertengahan Mei ketika India sedang mengalami tsunami covid. Meskipun sudah diizinkan dewa, nyatanya hanya 1,8 penduduk desa yang bersedia divaksin.

Baca Juga : Terus Bertambah, Korban Tewas Tabrakan Kereta Api di India 233 Orang

Mereka mengatakan tak butuh vaksin karena dewa Jagadamani Rishi akan melindungi desa dengan kekuatan ilahi.

Takhayul, misinformasi dan keraguan vaksin tidak terbatas pada Malana. Para ahli mengatakan hal semacam ini banyak ditemui di bagian pedesaan di India.

#Vaksin Covid-19 #India