Jumat, 11 Juni 2021 08:46

Hasilkan SDM Unggul, Poltekpar Makassar Gelar Sarasehan Bersama Industri Pariwisata dan Lembaga Pendidikan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sarasehan pariwisata nasional di Hotel Harper Makassar, Kamis (10/6/2021).
Sarasehan pariwisata nasional di Hotel Harper Makassar, Kamis (10/6/2021).

Sarasehan ini untuk menyamakan persepsi antara seluruh stakeholder dalam hal ini industri pariwisata dengan lembaga pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik Pariwisata poltekpar makassar sarasehan" href="https://rakyatku.com/tag/poltekpar-makassar">(Poltekpar) Makassar menyelenggarakan sarasehan pariwisata nasional, Kamis (10/6/2021) hingga Jumat (11/6/2021) di Hotel Harper Makassar.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta yang merupakan perwakilan industri bidang pariwisata se-Sulawesi Selatan dan lembaga pendidikan perguruan tinggi serta SMK.

Sarasehan dibuka Pembantu Direktur I Bidang Akademik Poltekpar Makassar, Muhammad Arfin M. Salim.

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

Arfin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara seluruh stakeholder dalam hal ini industri pariwisata dengan lembaga pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Menurutnya, posisi dan peran Poltekpar Makassar tidak dapat dipisahkan dengan industri terutama dalam menyiapkan SDM pariwisata unggul sehingga dibutuhkan persamaan persepsi.

"Kami berharap hasil dari sarasehan ini dapat mempererat sinergi dan kolaborasi antara Poltekpar Makassar dengan seluruh industri bidang pariwisata dengan lembaga pendidikan dalam mengembangkan pariwisata nasional," kata Arifin.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Sosialisasikan Kode Etik dan Kode Perilaku ASN BerAkhlak

Dalam sarasehan ini juga turut menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Anggota DPRD Sulsel, Andi Januar Jaury Darwis, yang membawakan materi Kekuatan Regulasi dalam Pengembangan Pariwisata Nasional dan SDM Unggul.

Dirjen Vokasi Dikti membawakan materi Sinergi Pendidikan Tinggi dan Industri dalam Pengembangan SDM Unggul.

Ketua IHGMA membawakan materi Sinergi dan Kolaborasi Pendidikan Tinggi dengan Industri Bidang Hospitality.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Widyawisata di Tiga Hotel di Makassar

Ketua Umum Gipi, Didien Junaedi, membawakan materi Penguatan Lembaga Pendidikan di Bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ketua DPD Asita, Didi Leonardo Manaba, membawakan materi Sinergi dan Kolaborasi Pendidikan Tinggi dengan Industri Bidang Perjalanan.

Sekretaris Kemenparekraf/Sekertaris Utama Barekraf, Ni wayan Giri Adnyani, membawakan materi Sinergi dan Kolaborasi Pengembangan SDM Pariwisata Unggul.

Baca Juga : Pokltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

Terakhir, Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin, membawakan materi Existing Poltekpar Makassar dalam Pengembangan Pariwisata dan SDM Unggul.

Penulis : Lisa Emilda
#Poltekpar Makassar #pariwisata