Rabu, 09 Juni 2021 23:12

Sukseskan Program Bangga Kencana, BKKBN Sulsel gandeng Fakultas Kedokteran Unismuh

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sukseskan Program Bangga Kencana, BKKBN Sulsel gandeng Fakultas Kedokteran Unismuh

Selain program pelayanan KB, BKKBN juga fokus dengan percepatan penurunan stunting.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan menandatangani MoU dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Selasa (7/6/2021).

Penandatangan naskah perjanjian kerja sama (MoU) ini dalam rangka memilih Fakultas Kedokteran sebagai institusi pendidikan dan mitra strategis BKKBN dalam melaksanakan program Bangga Kencana melalui Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Dra Hj Andi Ritamariani, MPd menjelaskan, peluang kerja sama ini tentunya agar program Bangga Kencana bisa kembali dilirik oleh semua kalangan.

Baca Juga : Percepatan Penurunan Stunting, Wabup Lutra Ingatkan Pentingnya Tim Pendamping Keluarga

"Program BKKBN cakupannya luas di masyarakat. Selain program pelayanan KB kami juga fokus dengan percepatan penurunan stunting, sehingga membutuhkan dukungan dari semua pihak, karena target kami tidak akan tercapai jika dilaksanakan sendiri," ungkapnya.

Dia menambahkan, program pelayanan KB harus didukung dengan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan yang terstandardisasi.

Menurutnya, salah satu pelatihan yang dapat dilaksanakan yaitu melalui program pre service training di institusi pendidikan kedokteran dengan tujuan tersedianya tenaga provider yang terstandardisasi kompeten, sehingga setelah lulus dari pendidikan kedokteran mampu memberikan pelayanan KB.

Baca Juga : Gedung Fakultas Kedokteran 12 Lantai Unismuh Makassar Siap Dibangun di Gowa

"Dokter umum memiliki potensi sangat besar dalam upaya peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB. Lulusan dokter baru akan mengikuti internship di daerah di seluruh Indonesia, sehingga dapat meningkatkan akses pelayanan KB," tambahnya.

Dia menilai bahwa MoU ini sebagai langkah yang tepat mengandeng Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh dalam menjalankan program strategis mendatang.

Baca Juga : Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar Tampil di PON Papua Wakili Kalimantan Timur

"Bisa bekerja sama apalagi dengan sumber daya yang cukup baik, sehingga berharap bisa berjalan maksimal ke depannya," tuturnya.

Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar Prof Dr dr Suryani As’ad, MSc, SpGK (K) mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel atas amanah yang diberikan.

Dekan FKIK Unismuh yang baru saja dilantik ini menilai bahwa BKKBN Sulsel telah melakukan program yang sangat terasa bagi masyarakat.

Baca Juga : Resmikan Kampung KB Mandiri, Ilham Azikin: Komitmen untuk Kebaikan Bantaeng

"BKKBN sejak dulu sudah menjadi pioner dalam memperbaiki struktur masyarakat Indonesia, gaungnya terdengar dimana-mana bahkan hingga pelosok, BKKBN cukup cerdas berkolaborasi dan meng-empowering mitra kerjanya," tuturnya.

Dengan demikian, dokter spesialis gizi ini berharap melalui kerja sama ini tentu, ada hasil dan outcome yang diperoleh secara kontiyu yang dapat berkontribusi terhadap masyarakat.

"Unismuh membuka peluang kerja sama dalam memberikan edukasi dan penyiapan tenaga medis terlatih yang siap memberikan pelayanan KB kepada masyarakat," tutup Prof Suryani.

Baca Juga : Resmikan Kampung KB Mandiri, Ilham Azikin: Komitmen untuk Kebaikan Bantaeng

Turut hadir para pimpinan, dosen dan karyawan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar. Hadir pula perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel.

 

#fakultas kedokteran unismuh #BKKBN Sulsel