Selasa, 08 Juni 2021 21:38

Kunjungi MUI, Dubes Arab Saudi Luruskan Pemberitaan soal Haji

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, meluruskan pemberitaan tentang haji pasca Kementerian Agama mengumumkan pembatalan keberangkatan haji secara resmi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - arab saudi" href="https://rakyatku.com/tag/dubes-arab-saudi">dubes arab saudi indonesia" href="https://rakyatku.com/tag/dubes-arab-saudi">Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, bersama rombongan mengunjungi Kantor mui pusat dubes arab saudi" href="https://rakyatku.com/tag/mui-pusat">MUI Pusat, Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Ini merupakan kunjungan pertama Dubes Saudi yang baru ini ke MUI sejak pertama kali dilantik. Sejak Januari 2021, sebenarnya Dubes Saudi sudah berkeinginan datang ke MUI, tetapi baru menemukan waktu sekaligus momentum yang tepat pada hari ini.

Pada kesempatan tersebut, secara khusus, Dubes Saudi meluruskan pemberitaan tentang haji 2021 batal" href="https://rakyatku.com/tag/haji-2021">haji yang ramai di media utamanya pasca Kementerian Agama mengumumkan pembatalan keberangkatan haji secara resmi.

Baca Juga : Masih Ada 26 Jemaah Haji Indonesia 1444 H Dirawat di RS Arab Saudi

Dubes menyebutkan, pembatalan haji itu sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Saudi yang kurang baik. Beberapa kalangan sebelumnya memang menilai pembatalan ini akibat masalah diplomasi.

“Masalah pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” ujarnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini, Kerajaan Arab Saudi bahkan belum mengirimkan undangan haji ke negara lain termasuk Indonesia. Ini tidak lain karena jika dilaksanakan, ibadah haji tahun ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Baca Juga : Satu Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Usai Jalani Perawatan di Arab Saudi

Selain membahas haji, Duta Besar Saudi juga membahas rencana kerja sama antara MUI dengan Arab Saudi. Kerja sama itu meliputi bidang ukhuwah, dakwah, dan sebagainya (ta’awun wa tabadulul ara’) yang berorientasi pada penguatan Islam Wasathiyah di kawasan Arab Saudi, Indonesia, maupun dunia internasional.

Kedatangan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi itu disambut Ketua Umum MUI, K.H. Miftachul Akhyar; Waketum MUI, K.H. Marsudi Syuhud; Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan; Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, K.H. Cholil Nafis; Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, K.H. Abdullah Jaidi; dan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Habib Ali Hasan Bahar memandu pertemuan tersebut.

Baca Juga : Arab Saudi Beri Penghargaan Tiga Negara Pengirim Jemaah Haji Terbanyak

Habib Ali sebelumnya sudah berulang kali bertemu dengan Dubes Saudi karena hubungan keduanya memang dekat. Terselenggaranya pertemuan ini juga melalui Habib Ali.

#MUI Pusat #Dubes Arab Saudi #arab saudi #Haji 2021