Selasa, 08 Juni 2021 16:22

Jauh Ungguli Prabowo-Puan, Ini Tanda-Tanda Duet Anies-AHY Berpeluang Merajai Pilpres 2024

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anies Baswedan dan AHY
Anies Baswedan dan AHY

Anies-AHY unggul dengan 93 persen. Disusul Prabowo-Puan yang hanya 4,9 persen, dan Airlangga-Ridwan Kamil hanya 2,1 persen.

RAKYATKU.COM -- Kalau ditanya siapa presiden idaman periode berikutnya? Sebagian warga sudah punya pilihan. Rupanya jatuh kepada Anies Rasyid Baswedan.

Menariknya, Anies Baswedan diduetkan dengan kandidat calon wakil presiden tampan. Masih muda. Siapa dia? Agus Harimurti Yudhyono (AHY), ketua umum Partai Demokrat.

Duet ini disebut-sebut akan mengulang kesuksesan Anies-Sandiaga Uno di Pilgub DKI Jakarta beberapa tahun silam. Anies memiliki basis pendukung yang jelas. Begitu pula AHY.

Baca Juga : Pengamat: Pasangan Prabowo-Gibran Rawan Tersandera Kelompok Oligarki

Tanda-tanda duet Anies-AHY bakal melejit mulai terlihat. Diawali pertemuan mereka berdua di tengah isu hangat kudeta Partai Demokrat yang berakhir gagal.

Belakangan, muncul polling online yang dilakukan warga untuk menguji kandidat capres. Di pollingkita.com, misalnya, salah satunya menguji kesukaan publik terhadap pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono, dan Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil.

Hasilnya sangat jomplang. Anies-AHY unggul dengan 93 persen. Disusul Prabowo-Puan yang hanya 4,9 persen, dan Airlangga-Ridwan Kamil hanya 2,1 persen.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

Metode polling online seperti ini tentu saja sulit diukur validitasnya. Namun, setidaknya sudah menunjukkan kecenderungan warga terhadap kandidat capres-cawapres tertentu.

Menariknya, hasil polling ini tidak berbeda dengan kecenderungan yang ditunjukkan hasil survei lembaga resmi.

Hasil survei terbaru Parameter Politik Indonesia, juga menunjukkan pasangan Anies-AHY memimpin dengan 35,9 persen.

Baca Juga : Strategi Ganjar-Mahfud Cegah "akal-akalan" di TPS

Sedangkan, pasangan Prabowo-Puan hanya memperoleh 21,8 persen. "Masih ada 42,3 persen masih ragu atau tidak menjawab," ucap Adi Prayitno, direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia juga mengunggulkan pasangan Anies-AHY pada Pilpres 2024.

"Pertama, peluang Anies-AHY akan lebih mungkin terjadi jika Anies berhasil berebut parpol dengan tokoh potensial lain yang sama-sama tidak terafiliasi dengan parpol," ucap Dedi, Minggu (6/6/2021).

Baca Juga : Pengamat: Ahok Potensial Gerus Pemilih Prabowo-Gibran

Dedi mengatakan setidaknya, keunggulan Anies-AHY dapat dilihat dari keberimbangan elektabilitas personal dan parpolnya.

"AHY dengan Demokrat miliki tingkat keterpilihan yang setara, berbeda dengan Puan yang masih miliki jarak cukup jauh dengan PDIP," ungkapnya.

#Pilpres 2024 #Anies-AHY