Senin, 07 Juni 2021 19:00

Kepala Daerah Diminta Mengakselerasi Pemulihan Ekonomi

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Indah Putri Indriani
Indah Putri Indriani

Para kepala daerah diminta mengatur ritme belanja daerah untuk pemulihan ekonomi.

LUWU UTARA - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, berharap seluruh Kepala Daerah segera melakukan langkah-langkah pemulihan guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat di tengah pandemi Covid-19.

“Tahun 2020, negara kita diserang oleh bencana non alam pandemi COVID-19. Bencana ini terbesar sepanjang sejarah karena yang terdampak bukan hanya sektor kesehatan, tapi juga ekonomi,” kata Menteri Tito Karnavian dalam sambutannya saat membuka Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Petahana, Senin (7/6/2021).

Tito mengungkapkan, beberapa kegiatan yang sudah direncanakan terpaksa harus ditunda, bahkan ada yang tak bisa dilaksanakan sebagai akibat terjadinya kontraksi ekonomi. “Pandemi ini mengubah rute kita dalam mempercepat pembangunan. Ada beberapa kegiatan yang tidak bisa kita eksekusi karena kontraksi ekonomi. Nah, sama halnya di daerah juga mengalami hal demikian selama setahun lebih,” jelas dia.

Baca Juga : BLT di Luwu Utara Mulai Tersalur

Olehnya itu, mantan Kapolri ini meminta Kepala Daerah mengambil langkah-langkah pemulihan agar keadaan ekonomi menjadi normal.

“Ekonomi kita harus pulih agar masyarakat juga bisa survive. Ada uang yang beredar, daya beli masyarakat meningkat, perekonomian bisa jalan, PAD juga bisa meningkat dan semuanya kembali normal seperti semula,” imbuhnya.

Nah, apa yang harus dilakukan pemerintah daerah? Tito menyebutkan, belanja daerah menjadi penting untuk diatur ritmenya. “Belanja daerah adalah tulang punggung utama dalam situasi pandemi seperti ini. Untuk itu, upayakan ketika ada APBD atau dana transfer daerah dari pusat agar segera dilakukan eksekusi secara bertahap setiap triwulan,” tandas Tito Karnavian.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Jadi Narasumber Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Bahas Isu Strategis

Sekadar diketahui, Pembukaan Pembekalan Kepemimpinan juga diikuti Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Kegiatan ini dilakukan secara tatap maya selama 5 hari, mulai 7 – 11 Juni 2021. Sementara Wakil Bupati Suaib Mansur juga akan mengikuti kegiatan yang sama pada 14 – 18 Juni 2021 mendatang. Pembekalan tatap maya 7 – 11 Juni diikuti 102 Kepala Daerah petahana hasil Pilkada Serentak 2020. Pembekalan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengembangan SDM, terkait tugas pengawasan pemerintahan daerah. Salah satunya adalah penguatan kemampuan Kepala Daerah. 

#pemkab luwu utara