Senin, 07 Juni 2021 20:37

PPDB SMA/SMK Dibuka, Plt Gubernur Sulsel Minta Kuota Jalur Prestasi Ditambah

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Andi Sudirman Sulaiman.
Andi Sudirman Sulaiman.

PPDB SMA/SMK resmi dibuka.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - dinas pendidikan" href="https://rakyatku.com/tag/dinas-pendidikan">Dinas Pendidikan Sulsel mulai membuka PPDB untuk jenjang SMA/SMK-sederajat, 7 Juni 2021, 

Pendaftaran dibuka pertama kali untuk boarding school atau sekolah berasrama pada 7-13 Juni. Dilanjutkan pada sekolah reguler SMA/SMK 14 Juni hingga 8 Juli dengan empat tahapan. Masing-masing yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua/wali serta jalur prestasi.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman meminta agar PPDB Periode 2021/2022, tetap memberikan kuota bagi siswa berprestasi dalam hal menghafal Al-Qur'an.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

"Alhamdulillah, tahun ini kembali ada kuota untuk jalur prestasi, kalau perlu ditambahkan (kuota). Seperti untuk prestasi olahraga, penghafal Al-Qur'an bisa memilih sekolah yang diinginkan. Ini mendorong siswa kita untuk terus berprestasi," kata Andi Sudirman, Senin (7/6/2021).

Andi Sudirman mendorong adanya kuota pendaftaran PPDB SMA/SMK di Sulsel bagi penghafal Al-Qur'an. Olehnya itu, dirinya berharap peran perguruan tinggi juga ikut mendorong pembukaan jalur prestasi bagi penghafal Al-Qur'an. Ia meminta Dinas Pendidikan agar pelaksanaan PPDB berjalan lancar dan tidak ada keluhan dari para orang tua murid.

"Kita ingin sistem PPDB ini berjalan baik, jangan sampai terjadi masalah, dipastikan tepat waktu dan tidak terjadi kegaduhan," tambahnya.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri, menambahkan, untuk kuota jalur prestasi sebanyak lima persen, ditambah sisa kuota jika ada yang tidak terpenuhi dari tiga jalur sebelumnya. Dalam rangka mengurangi kendala PPDB, Dinas Pendidikan Sulsel juga menggandeng beberapa OPD terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Sosial.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #PPDB #Dinas pendidikan