Senin, 07 Juni 2021 16:22

Pemkab Jeneponto Mulai Tindaklanjuti 71 Catatan Hasil Pemeriksaan BPK

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Jeneponto Mulai Tindaklanjuti 71 Catatan Hasil Pemeriksaan BPK

Pemkab Jeneponto mulai menindaklanjuti rekomendasi atas LHP BPK RI.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Kepala Inspektorat Jeneponto, Maskur menjelaskan, pemkab jeneponto" href="https://rakyatku.com/tag/pemkab-jeneponto">Pemkab Jeneponto mulai menindaklanjuti atas 71 rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI" href="https://rakyatku.com/tag/bpk-ri">Badan Pemeriksa Keungan Republik Indonesia (BPK RI) audit LKPD tahun 2020.

"Diketahui beberapa akun dan ketekoran kas yang menjadi permasalahan. Dan telah dibentuk tim untuk proses menyelesaikan 30 hari kedepan," ujarnya dalam coffe morning di ruang Pola Panrannuanta kantor bupati Jeneponto, Senin (7/6/2021).

Kabag Pemerintahan, Ahmad Saparuddin menyebutkan, tanggapan Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati tahun 2020 yang telah disampaikan melalui rapat paripurna.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Selanjutnya Sekda Syafruddin Nurdin memberikan Laporan Tim penanganan Tapal Batas Jeneponto- Gowa. Beberapa hal yang disampaiakan yakni dukungan Administratif oleh kabag Pemerintahan.

Salah satunya, dukungan regulasi oleh asisten Pemerintahan, Kabag Hukum, dan Kesesuaian RT/RW perbandingan antara hasil Mapping Topografi Daerah Militer (Topdam) dengan Peta Rupa Bumi Google Earth.

Desa Pappalluang dengan jumlah penduduk 1.500 jiwa yang diklaim Kabupaten gowa adalah wilayah jeneponto ditinjau dari segi administratif, historis, peta rupa bumi Google Earth dan fasilitas yang selama ini dibagung dari APBD.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

"Kami telah memerintahkan tim untuk meyusun narasi laporan ke provinsi berdasar defakto historis Desa Pappalluang diberikan oleh Karaeng Bangkala, inprastruktur dibangun dari APBD dan hak politik masyarakatnya yang disalurkan atas nama Kabupaten Jeneponto," sebutnya .

Menaggapi laporan tersebut Bupati Jeneponto Iksan Iskandar meminta agar persoalan batas wilayah yang diklaim Kabupaten Gowa segera diselesaikan dalam waktu dekat dengan cara-cara diplomatis administratif, santun dan beradab.

Di akhir acara, Iksan meminta agar persiapan pelaksanaan Qurban ASN pada Hari Raya Iduladha tahun 2021 dikoordinir dengan baik.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

"Saya meminta semuanya dikoordinir dengan baik, kepada kepala OPD dan camat agar juga sama-sama berqurban. Demikian juga batas wilayah Jeneponto - Gowa agar diselesaikan dengan cara diplomatis, administratif, santun dan beradab," tutup Iksan Iskandar.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #BPk Ri