Senin, 07 Juni 2021 15:40

Makna dan Penjelasan 6 Rukun Iman dalam Islam yang Wajib Diyakini dan Diamalkan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ilustrasi
ilustrasi

Rukun Iman ada 6. Berikut makna dan pengertian Rukun Iman.

RAKYATKU.COM - Dalam rukun iman" href="https://rakyatku.com/tag/islam">Islam, Rukun Iman ada 6. Rukun Iman ini wajib untuk diyakini, dan diamalkan. Simak penjelasan tentang Rukun Iman.

Makna dan pengertian rukun iman. Rukun dapat diartikan sebagai pilar atau tiang. Sedangkan iman bermakna kepercayaan. Sehingga rukun iman berarti pilar yang wajib dipercaya. Kepercayaan itu diwujudkan dengan cara membenarkan dan diyakini dari dalam diri atau hati, mengakui secara lisan atau kata-kata, dan mengamalkannya dalam bentuk tindakan sehari-hari.

6 Rukun Iman yakni, Iman pada adanya Tuhan Allah Yang Maha Esa. Iman pada adanya malaikat Allah SWT. Iman pada adanya kitab-kitab Allah SWT.

Baca Juga : Ibadah di Masjid Raya Makassar

Rukun iman keempat, Iman pada adanya rasul-rasul Allah SWT. Iman pada adanya hari kiamat. Iman pada qada dan qadar, adanya takdir baik dan buruk ciptaan Allah SWT.

1. Iman Kepada Allah
Dalam buku Rukun Iman, iman kepada Allah SWT artinya mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah itu ada (wujud). Terdapat banyak cara untuk meningkatkan iman kepada Allah SWT, seperti memahami Asmaul Husna untuk mengenali sifat-sifat-Nya.
Selain meyakini bahwa Allah SWT itu ada dan mengikrarkan dengan melafazkan Asmaul Husna, umat Muslim wajib mengimani dalam bentuk perbuatan. Hal tersebut dapat dilakukan seperti menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

2. Iman Kepada Malaikat Allah
Iman kepada malaikat-malaikat Allah berarti selalu meyakini bahwa malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang memiliki banyak tugas, salah satunya mengawasi segala perbuatan manusia. Dengan mengimani para malaikat, seorang Muslim akan terhindar dari dosa karena menyadari segala perbuatan yang dilakukan sepenuhnya akan diawasi oleh malaikat.

Baca Juga : House of One di Berlin, Masjid, Gereja, dan Sinagoge Dibangun dalam 1 Atap

3. Iman Kepada Kitab Allah
Iman kepada kitab Allah yaitu meyakini bahwa Allah SWT memiliki kitab-kitab yang diturunkan sebagai wahyu kepada para nabi. Kitab tersebut berisikan perintah-perintah, larangan, janji, dan ancaman yang Allah berikan. Di antara kitab yang wajib diyakini yaitu Zabur, Taurat, Injil, dan Al-Qur’an.

4. Iman Kepada Rasul Allah
Terdapat 25 nabi dan di antaranya 5 orang Rasul yang wajib diimani. Untuk mengimani para rasul Allah dapat dilakukan dengan mengetahui sifat-sifatnya, mulai dari jujur (siddiq), dapat dipercaya (amanah), menyampaikan perintah dan larangan (tabligh), cerdas (fathanah), dan sifat-sifat lainnya.

5. Iman Kepada Hari Akhir
Iman kepada hari akhir yaitu meyakini bahwa hari di mana berakhirnya seluruh alam semesta beserta kehidupannya itu akan benar-benar terjadi.

Baca Juga : Jenazah Pemeluk Hindu Dimakamkan secara Islam gara-gara Salah Terjemahan Dokumen

6. Iman Kepada Qada dan Qadar
Qada dan Qadar adalah sebuah ketetapan atau ketentuan Allah yang sudah jelas akan terjadi pada makhluk-Nya. Ketentuan ini sudah ditetapkan sebelum kita terlahir ke dunia.
Adapun ketentuan tersebut yaitu hidup, mati, jodoh, dan rezeki. Mengimani Qada dan Qadar artinya percaya dan menerima ketentuan tersebut dengan ikhlas.

#rukun iman #islam