Senin, 07 Juni 2021 09:02

Pemimpin Boko Haram Tewas Bunuh Diri, ISWAP: Dia Lebih Suka Dipermalukan di Akhirat daripada di Dunia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Abubakar Shekau. (Foto: Reuters)
Abubakar Shekau. (Foto: Reuters)

"Shekau lebih suka dipermalukan di akhirat daripada dipermalukan di dunia. Dia bunuh diri seketika dengan meledakkan bahan peledak."

RAKYATKU.COM - bunuh diri" href="https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Abubakar_Shekau&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search">Abubakar Shekau, pemimpin kelompok militan boko haram" href="https://rakyatku.com/tag/boko-haram">Boko Haram, dilaporkan tewas bunuh diri saat perang melawan kelompok teroris lainnya dari Negara Islam Provinsi Afrika Barat (ISWAP).

"Shekau lebih suka dipermalukan di akhirat daripada dipermalukan di dunia. Dia bunuh diri seketika dengan meledakkan bahan peledak," bunyi sebuah rekaman suara dalam bahasa Kanuri yang mirip dengan suara pemimpin ISWAP Abu Musab Al-Barnawi dilansir dari AFP, Senin (7/6/2021).

Rekaman yang terindikasi berisi suara pimpinan kelompok ISWAP itu baru muncul ke publik dua pekan setelah kabar meninggalnya Abubakar Shekau beredar.

Baca Juga : Diduga Bunuh Diri, Santri di Sidrap Tinggalkan Surat

Kelompok militan Boko Haram belum secara resmi mengomentari kematian pemimpin mereka. Sementara, tentara Nigeria juga masih menyelidiki klaim itu.

Kelompok ISWAP menjelaskan dalam audio bahwa mereka mengirim pejuang ke kantong Boko Haram di hutan Sambisa. Ketika itu kelompok tersebut menemukan Shekau duduk di dalam rumahnya dan terlibat dalam baku tembak.

"Dari sana dia mundur dan melarikan diri, berlari dan berkeliaran di semak-semak selama lima hari. Namun, para pejuang terus mencari dan memburunya sebelum mereka dapat menemukannya," kata suara itu.

Baca Juga : Diduga Depresi, Gadis Cantik Asal Pangkep Akhiri Hidup dengan Melompat dari Menara Masjid

Setelah menemukannya di semak-semak, para pejuang ISWAP mendesak dia dan para pengikutnya untuk bertobat. Namun, Shekau menolak dan bunuh diri.

Sumber: AFP

#boko haram #bunuh diri