Minggu, 06 Juni 2021 14:03

Muezza, Kucing Kesayangan Rasulullah SAW yang Selalu Mengeong saat Azan Berkumandang

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing

Muezza adalah kucing kesayangan Rasulullah SAW.

RAKYATKU.COM - Rasulullah SAW diketahui sangat sayang kucing">kucing. Rasulullah memiliki kucing yang diberi nama Muezza.

Lantaran sangat sayang dengan binatang tersebut, Rasulullah sering bersama dengan Muezza.

Suatu waktu, saat azan telah tiba dan Rasullulah ingin pergi ke masjid, Muezza terlelap di jubah beliau. Alih-alih membangunkan Muezza, beliau malah memotong bajunya supaya kucing tersebut tidak terbangun.

Baca Juga : Cara Memandikan Kucing

Ketika Rasulullah telah kembali, Muezza telah terbangun dan mendekati beliau, seketika Nabi Muhammad SAW pun mengelus kucing kesayangannya tersebut.

Ketika ada tamu yang datang ke rumah beliau, Rasulullah menggendong dan menaruh Muezza di pahanya.

Rasulullah pun selalu berpesan agar selalu menyangi hewan peliharaan sepenuh hati, karena kalau sampai ditelantarkan bisa menjadi dosa. Rasulullah memberikan contoh secara langsung bagaimana merawat dan memberikan kasih sayang pada kucing kesayangan beliau. Hal inilah yang seharusnya dicontoh jika kita juga memiliki hewan peliharaan.

Baca Juga : Pria Ini Panjat Pohon untuk Selamatkan Kucing, Petugas Damkar Akhirnya Selamatkan Keduanya

Ternyata ada satu lagi hal yang membuat Rasulullah sangat sayang dengan Muezza. Itu adalah ngeongan kucing itu yang selalu terdengar pada waktu-waktu khusus. Kucing itu selalu bersuara ketika azan sedang berkumandang. Muezza seolah-olah juga sedang menyauti suara adzan dari awal hingga akhir.

Hal itulah yang membuat Rasulullah yang menjadi lebih sayang kepada kucing yang satu ini. Bagaimana tidak, kucing mengeong ketika ada pemiliknya atau orang lewat mungkin hal yang biasa, namun saat azan berkumandang tentunya luar biasa.

Apalagi mengingat beliau waktu itu sebagai pembawa risalah dan jadi tuntunan bagi muslim, jadi wajar kalau menyukai sikap Muezza.

#Rasulullah SAW #Kucing