Minggu, 06 Juni 2021 10:30

Sudah Diluncurkan, Berikut Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sudah Diluncurkan, Berikut Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Inilah perbedaan Jaringan 4G dan 5G

RAKYATKU.COM - telkomsel" href="https://rakyatku.com/tag/-telkomsel-">Telkomsel sudah meluncurkan jaringan 5G untuk beberapa wilayah di Jabodetabek.

Ada enam lokasi pertama yang mendapatkan jaringan 5G dan semuanya berada di Jabodetabek.

Enam lokasi itu terdiri dari Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Pondok Indah, Kelapa Gading, Widya Chandra dan Pantai Indah Kapuk.

Baca Juga : Peduli Korban Bencana Tanah Longsor Tana Toraja, Telkomsel Salurkan Bantuan CSR Logistik serta Layanan Telepon dan Wifi Gratis

Kehadiran 5G tentu membawa angin segar bagi pengguna ponsel di Indonesia, meski masih diluncurkan secara terbatas.

Seperti dilansir dari situs rekomendasi produk ceklist.id, Anda bisa menggunakan berbagai rekomendasi modem mifi untuk berselancar di internet, meskipun untuk saat ini masih didominasi jaringan 4G, untuk kedepannya sepertinya akan semakin banyak gadget yang support 5G termasuk modem mifi ini.

Bicara soal perbedaan 4G dan 5G, tentu yang paling terlihat pada kecepatannya.

Baca Juga : Telkomsel Siaga Rafi 2024 Berangkatkan 200 Pemudik

Jaringan 5G sudah tersedia di Indonesia sejak 27 Mei lalu. Ini adalah jaringan seluler generasi kelima dengan kecepatan akses internet yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya (4G).

Jaringan 5G menawarkan kecepatan yang mampu membuat internet seluler sebanding dengan WiFi.

Dari sektor teknologi, jaringan ini merupakan hasil evolusi teknologi seluler sekarang.

Baca Juga : Antisipasi Lonjakan trafik pada momen RAFI 2024 yang diproyeksi naik 8,10 Persen Telkomsel Pamasuka Optimalkan Kesiapan Jaringan pada 72 Titik Keramaian.

Mengutip laman High Speed Internet, jaringan 4G merupakan teknologi nirkabel generasi keempat yang menggunakan menara radio sebagai pemancar layanan internet nirkabel dan telepon ke perangkat seluler.

Meskipun jaringan 5G dikembangkan di atas 4G, namun membawa teknologi baru sekaligus frekuensi radio yang jauh lebih luas.

Pemancar dan menara 5G memakai pita radio frekuensi lebih tinggi dan lebih banyak antena sehingga mampu menghasilkan waktu respon dan kecepatan lebih baik.

Baca Juga : Donasi Super Seru", Telkomsel Sisihkan Rp1.000 dari Setiap Pembelian Paket Super Seru Selama Periode 21 Maret - 31 Mei 2024 untuk Perbaiki kondisi ruang kelas di 20 Sekolah Dasar (SD) di Seluruh Penjuru Indonesia.

Dengan melihat kapasitasnya, di wilayah yang padat penduduk kecepatan 5G sepuluh kali lebih cepat dibandingkan 4G, kecepatan rata-rata itu mencapai hampir 500 Mbps. Tentu saja ini merupakan perbedaan yang sangat besar, karena jaringan 4G hanya mampu menembus sekitar 30 Mbps.

Sedangkan di kondisi biasa, kecepatan yang ditawarkan oleh 4G maksimal sekitar 100 Mbps dan 5G mampu mencapai 10Gbps.

Bagaimana, perbedaan yang sangat jauh bukan? Mendownload file besar pasti lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga : MyTelkomsel Carnaval Meriahkan Bone Market Fest 2024, Suguhkan Hiburan, Promo dan Doorprize untuk Pengunjung

Pengguna Telkomsel juga tidak perlu mengganti atau menukar kartu SIM miliknya.

Setidaknya sampai sekarang mereka bisa langsung mengakses jaringan 5G di wilayah yang sudah tercover.

Kekurangan Jaringan 5G
Selama bertahun-tahun, operator seluler di Indonesia membangun infrastuktur 4G untuk hampir seluruh wilayah.

Baca Juga : MyTelkomsel Carnaval Meriahkan Bone Market Fest 2024, Suguhkan Hiburan, Promo dan Doorprize untuk Pengunjung

Sehingga, jaringan 4G bisa dinikmati oleh pengguna di berbagai wilayah di Indonesia. Hal itu berbeda dengan jaringan 5G yang masih terbatas di beberapa kota besar saja.

#Jaringan 5G #Telkomsel