Minggu, 06 Juni 2021 08:58

Dibuka! Ini Link Pendaftaran www.prakerja.go.id, Cara dan Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 17

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dibuka! Ini Link Pendaftaran www.prakerja.go.id, Cara dan Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 17

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 dibuka. Berikut link pendaftaran. Cara mendaftar Kartu Prakerja, dan trik lolos Kartu Prakerja.

RAKYATKU.COM - Pendaftaran program kartu prakerja" href="https://rakyatku.com/tag/kartu-prakerja">Kartu Prakerja gelombang ke-17 sudah dibuka sejak Sabtu (5/6/2021) kemarin. Cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang ke-17, calon peserta harus masuk terlebih dahulu ke situs www.prakerja.go.id. Ini link pendaftaran Kartu Prakerja.

Bagaimana cara mendaftar kartu prakerja" href="https://rakyatku.com/tag/kartu-prakerja">Kartu Prakerja? Simak pula tips lolos seleksi Kartu Prakerja berikut ini:

1. Pastikan email dan nomor HP yang disertakan aktif
Saat mengisi administrasi Kartu Prakerja, Anda akan diminta mengisi email dan nomor telepon. Sebelum menyimpan, pastikan bahwa keduanya dalam kondisi aktif, pasalnya verifikasi one time password akan dilakukan melalui nomor ponsel dan melalui email yang dikirimkan.

Baca Juga : Skema Normal, Pemerintah Lanjutkan Kartu Prakerja 2023

2. Memenuhi syarat yang berlaku
Tidak semua orang diperkenankan mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja. Sebelum mendaftar pastikan bahwa Anda memenuhi syarat sebagai:
-Warga Negara Indonesia
-Tidak sedang mengikuti Pendidikan formal
-Bukan penerima bantuan lain dari pemerintah
-Berusia setidaknya 18 tahun.
-Tidak berstatus sebagai pejabat negara, ASN, prajurit TNI, POLRI, DPRD, perangkat desa serta pengawas, direksi maupun komisaris BUMN atau BUMD

3. Ikuti tes dengan baik
Saat mendaftarkan diri sebagai penerima Kartu Prakerja, Anda akan diminta untuk mengikuti tes secara online. Karena program ini diutamakan bagi golongan masyarakat yang membutuhkan, pastikan bahwa Anda masuk dalam kategori yang dimaksud.

4. Pastikan data yang diinput benar
Saat melakukan pendaftaran, Anda akan diminta memasukkan sejumlah data pribadi. Tidak perlu buru-buru, pastikan cek ulang sebelum menyimpan data. Hal ini untuk mengurangi resiko kegagalan pendaftaran akibat data yang dimasukkan tidak tepat. Selain itu, lakukan double check pada NIK yang dimasukkan dan NIK yang ada pada KK milik Anda, agar tidak terjadi kesalahan input.

Baca Juga : Uang Bantuan Kartu Prakerja Naik Jadi Rp4,2 Juta

Ajukan surat pernyataan
Jika Anda pernah mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja dan gagal lebih dari 3 kali, Anda dapat mengajukan surat pernyataan langsung kepada pihak pelaksana Kartu Prakerja. Format surat pernyataan juga dapat diunduh melalui situs www.prakerja.go.id

Setelah itu Anda bisa langsung mendownload dan melengkapi keterangan dalam surat pernyataan tersebut sesuai dengan data diri. Surat harus ditandatangani diatas materai 6 ribu. Kemudian, kirim surat tersebut ke alamat email kepesertaan@prakerja.go.id

#Kartu Prakerja