Jumat, 04 Juni 2021 14:02

Dukung Kemajuan Pertanian, Pemuda Tani Mandiri Siap Cetak 5.000 Petani Milenial di Bulukumba

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (tengah), bersama Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf.
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (tengah), bersama Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf.

Kami siap membantu cetak 5.000 petani milenial di Bulukumba dan kami sudah berusaha membangun jaringan hingga ke pemerintah pusat,” kata Ketua Umum Pemuda Tani Mandiri (Petani Mandiri), Ichi Indrawan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - pemkab bulukumba petani mandiri" href="https://rakyatku.com/tag/pemkab-bulukumba">Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf, bersama Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, beberapa waktu lalu menemui Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Agendanya fokus membahas pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Bulukumba yang lebih maju dan modern dari hulu ke hilir sehingga mampu melakukan langsung ekspor pangan.

Ketua Umum Pemuda Tani Mandiri (Petani Mandiri), Ichi Indrawan, memberikan acungan jempol terhadap fokus program terobosan pemerintahan Bulukumba di sektor pertanian tersebut.

Baca Juga : Pj. Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran atas Solusi Cepat Bagi Petani

Pasalnya, pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu eksis dan menggerakan roda perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 sehingga perlu didukung semua pemangku kepentingan.

"Kami dari Pemuda Tani Mandiri sangat mengapresiasi perhatian pemda terhadap sektor pertanian. Kami siap membantu cetak 5.000 petani milenial di Bulukumba dan kami sudah berusaha membangun jaringan hingga ke pemerintah pusat,” ujar Ichi di Kota Makassar, Jumat (4/6/2021).

Ichi menjelaskan, peran petani milenial dalam mewujudkan pertanian dari hulu ke hilir tidak dipertanyakan lagi. Sebab, memajukan pertanian harus melalui inovasi dan teknologi modern serta mengonsolidasikan kelembangaan petani agar dekat dengan pembiayaan dan akses pasar baik domestik terutama ekspor.

Baca Juga : Halal Bihalal Kementerian Pertanian, Mentan Amran Bicara Cinta Membangun Pertanian Gemilang

"Mewujudkan ini membutuhkan sentuhan dan keterlibatan para generasi milenial, yang punya semangat, kreativitas tinggi, dan mampu menerobos segala tantangan," ujarnya.

Oleh karena itu, Ichi berharap Pemuda Tani Mandiri dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk pengembangan korporatisasi pertanian dan mempersiapkan regenerasi di sektor pertanian.

Lanjutnya, milenial dan anak muda perlu terus-menerus diajak untuk ikut terjun ke sektor pertanian untuk menjadi agen penggerak pertumbuhan ekonomi dan kemandirian pangan.

Baca Juga : Kebut Optimalisasi Lahan, Kementan Gelar Tanam Padi Perdana di Kalimantan Tengah

petani mandiri

"Saya berharap Pemuda Tani Mandiri bisa bersinergi dengan pemda dalam mendorong regenerasi petani di Bulukumba. Juga mendorong tumbuhnya wirausaha muda di bidang pertanian," ucap Ichi.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf, menyebut Mentan SYL sangat mendukung programnya untuk memajukan sektor dengan mengoptimalkan segala potensi pertanian Bulukumba berbasis ekspor. Apalagi pada kondisi pandemi saat ini, pertanian bisa bertahan dan Bulukumba masih positif akan pertumbuhan ekonominya.

Baca Juga : Optimalisasi Lahan di Lampung, Kementan-TNI Terjun ke Lapangan Setiap Hari

"Pak Menteri Pertanian SYL memberikan dukungan penuh. Salah satunya benih unggul yang akan ditanam para petani dan akan dikembangkan pada daerah-daerah yang sudah dipetakan. Sehingga lokasi lahan dapat disesuaikan dengan pengembangan setiap komoditas," ujarnya.

“Nanti Kementan turunkan tim ke Bulukumba untuk melihat dan memetakan wilayah dengan bibit yang seperti apa yang cocok untuk di beberapa tempat. Di beberapa kecamatan masing-masing dengan lain komoditi tentunya," tutur pria yang akrab disapa Andi Utta ini.

Penulis : Usman Pala
#pemkab bulukumba #Kementerian Pertanian #Pemuda Tani Mandiri