Kamis, 03 Juni 2021 22:03

Dukung Inovator Terbaik, PLN Gelar Lomba Karya Inovasi 2021

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid.
General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid.

Sebanyak 31 karya inovasi terlibat dalam ajang Lomba Karya Inovasi. Lomba karya inovasi di lingkungan PLN terbagi menjadi tiga kategori, yaitu distribusi, technical support, dan proses bisnis manajemen.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Budaya inovasi telah menjadi bagian dari seluruh proses bisnis ketenagalistrikan yang dikelola oleh PLN. Tiap tahun, para inovator lahir dari unit PLN khususnya di wilayah Sulselrabar untuk berkompetisi menampilkan karya-karyanya menjadi yang terbaik.

Untuk 2021 ini, sebanyak 31 karya inovasi terlibat dalam ajang Lomba Karya Inovasi. Lomba karya inovasi di lingkungan PLN terbagi menjadi tiga kategori, yaitu distribusi, technical support, dan proses bisnis manajemen.

Selama dua hari, 3--4 Juni 2021, PLN menggelar lomba ini bertujuan untuk memacu semangat talenta muda agar terus berinovasi dalam meningkatkan efisiensi, pendapatan terkait pelayanan pelanggan, yang diselenggarakan secara virtual.

Baca Juga : Pastikan Kesiapan Petugas Periode Nataru, Manajemen PLN UIW Sulselrabar Kunjungi Posko Siaga

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid, mengatakan Lomba Karya Inovasi menjadi ajang yang bagus untuk pegawai PLN UIW Sulselrabar untuk terus mengembangkan dan memacu generasi muda agar terus berinovasi dan bertransformasi.

"Saat ini, kita akan terus berupaya melakukan mengembangan untuk memacu pegawai PLN untuk terus berinovasi dan bertransformasi ke arah yang lebih baik. Dengan inovasi ini nantinya dapat direalisasikan menjadi sebuah produk bagi Perusahaan dan masyarakat," ujar Awaluddin.

Transformasi PLN sendiri memiliki empat aspirasi yaitu, green, lean, innovative, dan customer focused, dengan empat enabler, dua di antaranya yaitu organization serta people dan technology advancement.

Baca Juga : Jelang Nataru, PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik dan Siagakan Petugas

Melalui aspirasi green, PLN terus meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan untuk menghasilkan listrik. Lean, untuk memastikan pengadaan listrik yang handal dan efisien. Innovative, untuk meraih pendapatan dari sumber-sumber baru. Customer focused untuk menjadi pilihan nomor satu pelanggan.

Awaluddin berharap dengan adanya acara ini semoga ke depannya milenial di PLN bisa membuat terobosan baru demi kemajuan PLN agar makin baik.

"Semoga pegawai PLN nantinya bisa membuat karya inovatif yang kreatif, memiliki keberanian mengambil resiko serta tantangan yang ada untuk kedepannya," ucapnya.

Baca Juga : PLN Kembali Tambah Pasokan Listrik ke PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia 90 MVA

Ketua Departemen Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Salama Manjang, sekaligus juri Lomba Karya Inovasi berharap akan lahirnya inovator ternama melalui karya inovasi dari PLN sehingga dapat meningkatkan kemajuan bangsa.

"Dengan diadakannya lomba karya inovasi ini, dapat mengembangkan kreativitas dari para inovator muda dan mengajak para milenial untuk berpartisipasi kembali," tutur Salama.

Penulis : Lisa Emilda
#PLN UIW Sulselrabar