Selasa, 01 Juni 2021 16:44

PBSB Kemenag, 24 Santri Asal Sulsel Lulus ke Pendidikan Tinggi Jalur Prestasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Bidang PD Pontren Kemenag Sulsel, Mulyadi.
Kepala Bidang PD Pontren Kemenag Sulsel, Mulyadi.

Ini merupakan capaian luar biasa yang ditunjukkan oleh santri-santri asal Sulsel dari tahun ke tahun.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perguruan Tinggi Mitra Kementerian Agama (Kemenag) untuk pelaksanaan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB), telah mengumumkan hasilnya.

Terdapat 24 santri asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dinyatakan lulus melenggangkan kaki di tingkat pendidikan tinggi, kemudian disebut sebagai mahasantri, tersebar merata di hampir seluruh perguruan tinggi mitra.

Kepala Bidang PD Pontren Kemenag Sulsel, Mulyadi, saat menerima salinan pengumuman Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI mengaku bangga atas capaian yang diperoleh santri-santri Sulsel.

Baca Juga : Kepala Kantor Kemenag Tana Toraja Meninggal Dunia

Menurut Mulyadi, ini merupakan capaian luar biasa yang ditunjukkan oleh santri-santri dari tahun ke tahun.

"Peran besar pondok pesantren di Sulsel dalam melakukan pembinaan santri juga sangat kami apresiasi. Pesantren tidak hanya memberikan ruang kajian keilmuan keislaman saja, tetapi juga kajian keilmuan lainnya dalam porsi yang seimbang sehingga mampu mentransformasikan nilai agama dalam konteks kekinian," ujar Mulyadi, Selasa (1/6/2021).

 

Lanjut Mulyadi mengatakan bahwa dominasi Sulsel di luar Pulau jawa menempatkan santri berprestasi mengisi ruang perguruan tinggi favorit di Indonesia patut diapresiasi.

Baca Juga : Pertahankan WTP sejak 2016, Ini Bentuk Apresiasi dan Pesan Kakanwil Kemenag Sulsel

"Ini merupakan modal besar kita melahirkan ahli, tidak hanya ahli di bidang agama saja, namun kami berharap akan lahir scientists dalam bidang keilmuan lain," tuturnya.

Mulyadi berharap agar santri yang lulus untuk segera melalukan tahapan pemberkasan dengan melakukan koordinasi dengan narahubung masing-masing perguruan tinggi maupun melalui contact center PBSB.

Selain itu, para santri juga dapat berkoordinasi sekaligus meminta pendampingan kepada Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) untuk validasi data dan dokumen.

Baca Juga : Mau Ambil Uang Pendaftaran Haji? Boleh, tapi ...

"Kami juga menitip pesan agar para santri yang lulus tetap mewaspadai segala bentuk penipuan dan pungutan liar yang mengatasnamakan Kementerian Agama. Segala informasi terkait dapat diakses melalui situs resmi kami https://ditpdpontren.kemenag.go.id atau dengan menghubungi contact center PBSB," bebernya.

Penulis : Usman Pala
#kementerian agama #Kemenag Sulsel #Beasiswa Santri