Senin, 31 Mei 2021 16:02

Momentum HUT Ke-64, Kodam Hasanuddin dan Jajaran Serentak Gelar Donor Darah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Donor darah Kodam XIV/Hasanuddin di Lapangan M. Jusuf, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (31/5/2021).
Donor darah Kodam XIV/Hasanuddin di Lapangan M. Jusuf, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (31/5/2021).

Selain di Kodam XIV/Hasanuddin, donor darah juga berlangsung di Korem 141/TP di Bone, Korem 142/Tatag di Mamuju, dan Korem 143/HO di Kendari, serta Rindam XIV/Hasanuddin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Momentun hari ulang tahun ke-64, Kodam XIV/Hasanuddin menggelar donor darah" href="https://rakyatku.com/tag/donor-darah">donor darah di Lapangan M. Jusuf, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (31/5/2021).

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, mengatakan bahwa donor darah ini merupakan salah satu wujud kepedulian Kodam XIV/Hasanuddin dalam mencermati berbagai permasalahan masyarakat, khususnya keterbatasan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

"Sekarang ini kebutuhan masyarakat terhadap transfusi darah semakin meningkat sehingga permasalahan ini harus kita sikapi bersama sebagai upaya untuk menolong sesama kita yang membutuhkan darah," kata Syafei.

Baca Juga : Swiss-belcourt Makassar Bersama Dinkes Sulsel Gelar Aksi Donor Darah

"Terbatasnya persediaan darah yang dimiliki oleh PMI saat ini, menuntut kita semua untuk lebih memasyarakatkan kegiatan donor darah seperti ini. Dengan harapan bahwa setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan jiwa manusia yang membutuhkannya," sambungnya.

"Untuk itu, maka dalam rangka menyambut hari ulang tahun yang ke-64 tahun ini, Kodam XIV/Hasanuddin merasa terpanggil menyikapi masalah-masalah sosial kemasyarakatan. Terutama dalam membantu meringankan kesulitan yang dihadapi masyarakat terkait dengan terbatasnya jumlah darah yang diperlukan," tambahnya lagi.

Pangdam mengungkapkan, kegiatan ini selain dilaksanakan di Makodam, juga secara serentak berlangsung di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin, di antaranya di wilayah Korem 141/TP di Bone, Korem 142/Tatag di Mamuju, dan Korem 143/HO di Kendari, serta Rindam XIV/Hasanuddin.

Baca Juga : Harper Perintis Gelar Donor Darah, Terkumpul Puluhan Kantong

"Kami target untuk wilayah Makassar/Makodam sebanyak 600 kantong, jajaran Korem sebanyak 675 kantong dan di Rindam sebanyak 115 kantong, dan semuanya akan disumbangkan ke PMI wilayah masing-masing.

"Saya memberi apresiasi dan menaruh perhatian besar terhadap kegiatan ini. Sebab, donor darah memiliki substansi dan nilai kebaikan bagi sesama manusia dan juga terhadap diri sendiri. Karena hal tersebut merupakan manifestasi yang paling nyata dari rasa kemanusiaan. Sedangkan di sisi lain, donor darah juga berguna untuk kesehatan kita sendiri," ucap Pangdam.

Penulis : Lisa Emilda
#Kodam XIV/Hasanuddin #Donor Darah